Mahardani, Iffa Melania and HUNAIFI, ABDUL AZIZ and MUJIWATI, ENDANG SRI (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MACAM-MACAM GAYA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MRICAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100040.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
|
Text (SIMILARITY)
RAMA_86206_18101100040_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Download (192kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Download (914kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_02.pdf - Accepted Version Download (249kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_03.pdf - Accepted Version Download (590kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_04.pdf - Accepted Version Download (521kB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_05.pdf - Accepted Version Download (92kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_06_ref.pdf - Accepted Version Download (95kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100040_0704078402_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV SDN 2 Mrican Kota Kediri materi mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain : gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. Diketahui bahwa guru saat pembelajaran IPA belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik bagi siswa. Media tersebut berupa video pembelajaran yang menampilkan guru sedang menjelaskan materi tanpa adanya ilustrasi di dalamnya. Akibatnya siswa kurang memahami materi yang diajarkan, siswa merasa bosan dalam setiap pembelajaran, serta menurunnya ketertarikan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kevalidan multimedia interaktif untuk meningkatkan keampuan mengidentifikasi macam�macam gaya siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican ? (2) untuk mendeskripsikan kepraktisan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi macam-macam gaya siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican ? (3) untuk mendeskripsikan keefektifan multimedia interaktif untuk meningkatkan keampuan mengidentifikasi macam-macam gaya siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Mrican ?. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran multimedia interaktif untuk materi macam-macam gaya. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang mencakup 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Mrican Kota Kediri. Teknik pengumpulan data angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan skala likert. Simpulan hasil penelitian ini sebagai berikut multimedia interaktif dinyatakan sangat valid setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan skor perolehan 88% sehingga tergolong dalam kriteria sangat valid. Dari hasil angket respon guru dan siswa pada uji coba terbatas diperoleh skor 92% yang berarti multimedia interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria. Untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dapat dilihat dari hasil post�test siswa sesudah menggunakan multimedia interaktif sebanyak 20 siswa mendapat persentase nilai rata-rata 85% dan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Macam-macam Gaya |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Iffa Melania Mahardani |
Date Deposited: | 11 Feb 2023 04:54 |
Last Modified: | 11 Feb 2023 04:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8931 |
Actions (login required)
View Item |