Puspitasari, Refina and MUJIWATI, ENDANG SRI and HUNAIFI, ABDUL AZIZ (2022) PENGEMBANGAN LEAFLET SIBATU MATERI FUNGSI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN HEWAN SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100161.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
|
Text (SIMILARITY)
RAMA_86206_18101100161_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Download (223kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_02.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_03.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_04.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_05.pdf - Accepted Version Download (948kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_06_ref.pdf - Accepted Version Download (877kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100161_0725076201_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri yaitu pada matapelajaran IPA materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan yang ditemukan bahwa guru belum menggunakan bahan ajar yang bervariasi yaitu guru hanya menggunakan LKS dalam proses pembelajaran dan tampilannya kurang menarik karena buram. Bahan ajar tersebut masih berupa rangkuman materi dengan ilustrasi yang tidak berwarna. Selain itu pada bahan ajar tersebut penulisannya belum runtut misalnya setelah penulisan materi tentang fungsi bagian tumbuhan terdapat materi yang berbeda kemudian dilanjutkan dengan materi fungsi bagian tubuh hewan. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang memahami materi, serta menurunnya ketertarikan dan motivasi siswa dalam belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru kelas IV bahwa terdapat 8 siswa dari 23 siswa yang belum mampu untuk mengidentifikasi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan dan mendapat nilai dibawah KKM atau 75. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui validitas leaflet sibatu materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan untuk siswa di kelas IV SDN Mojoroto 4 dan (2) mengetahui keefektifan produk pengembangan leaflet sibatu materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan untuk siswa di kelas IV SDN Mojoroto 4. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar leaflet untuk materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reasearch and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementaion, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah skala likert. Berdasarkan dari hasil penelitian bahan ajar leaflet sibatu materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan siswa kelas IV yang sudah dilakukan di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri dapat disimpulkan (1) bahan ajar leaflet sibatu materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan memperoleh persentase sebesar 88% yang artinya bahan ajar leaflet dinyatakan sangat valid dan sangat baik digunakan dan (2) bahan ajar leaflet sibatu materi fungsi bagian tubuh tumbuhan dan hewan dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena dari perolehan hasil ketuntasan belajar siswa pada post-test uji coba terbatas yaitu sebesar 88% dan pada post-test uji coba luas yaitu sebesar 87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, Leaflet, Pengembangan |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Refina Puspitasari |
Date Deposited: | 12 Feb 2023 02:43 |
Last Modified: | 12 Feb 2023 02:43 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8933 |
Actions (login required)
View Item |