PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SDN GROGOL 1

Afifah, Anis Nur and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA and WAHYUDI, WAHYUDI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SDN GROGOL 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_02.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (546kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (711kB)
[img] Text (BAB 3)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_03.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (617kB)
[img] Text (BAB 4)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_04.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_05.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (292kB)
[img] Text (References)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (396kB)
[img] Text (Lampiran)
ANIS NUR AFIFAH_86206_18101100112_0730098803_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas yang dilakukan di kelas V SDN Grogol 1. Berdasarkan hasil observasi guru ketika mengajar hanya menggunakan buku saja, selain itu media yang digunakan hanya gambar sederhana. Selain itu, menurut hasil wawancara dengan siswa penyebab ketidakpahaman terhadap materi tersebut karena beban materi yang terlalu berat bagi usia mereka dan gambar yang ada dibuku kurang jelas sehingga membuat siswa kurang memahami materi. Maka dari itu diperlukannya modul berbasis experiential learning dalam pembelajaran tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V SDN Grogol 1? (2) Bagaimana kepraktisan Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V SDN Grogol 1? (3) Bagaimana keefektifan Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V SDN Grogol 1? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran IPA berbasis Experiential Learning materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya kelas V SDN Grogol 1. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahapan pengembangan ADDIE (a) Analysis, (b) Design, (c) Development, (d) Implementation, (e) Evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan modul berbasis Experiential Learning telah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya. Hasil validasi dari ahli modul mencapai 90% dan hasil validasi ahli materi mencapai 86%. Hasil rata-rata angket respon guru memperoleh skor 88% dan respon siswa skor 89,19%. Hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan dari jumlah siswa 23 siswa memperoleh rata-rata 86,96. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian bahwa modul berbasis experiential learning terbukti valid, praktis, dan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Grogol 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Experiential Learning, IPA
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Anis Nur Afifah
Date Deposited: 14 Aug 2022 12:11
Last Modified: 14 Aug 2022 12:11
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item