LUBIS, CINDY ERIA and DAMAYANTI, SUSI and Permana, Erwin Putera (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Materi Daur Air pada Siswa Kelas V SDN Sukorame 2 Kediri Tahun 2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100130.pdf - Accepted Version Download (24MB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100130_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Download (550kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_02.pdf - Accepted Version Download (314kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_03.pdf - Accepted Version Download (557kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_04.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_05.pdf - Accepted Version Download (13kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_06_ref.pdf - Accepted Version Download (8kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100130_0723117802_0706126701_07_lamp.pdf - Accepted Version Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang didapat bahwa guru pada kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Penggunaan media pembelajaran memiliki peranan penting karena mempermudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar menjadi menarik, siswa mudah memahami materi daur air. Peneltian pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengetahui kevalidan, 2) mengetahui kepraktisan, 3) mengetahui keefektifan dalam multimedia interaktif pada materi daur air di kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Peneliti memilih model ini karena sistematis dan mudah diaplikasikan. Tahapan dari model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Penerapan), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Bentuk data yang digunakan yaitu pengembangan instrumen dan indtrumen tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket responden dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VA dan kelas VB SDN Sukorame 2 Kediri sebanyak 37 siswa. Pada tahap uji cobaterbatas sebanyak 10 siswa, sedangkan pada tahap uji coba luas sebanyak 27 siswaHasil dari penelitian dan pengembangan multimedia interaktif pada materi daur air di kelas V adalah sebagai berikut: 1) dinyatakan valid dengan kriteria persentase nilai kontruksi multimedia interaktif sebesar 95% dan validitas materi 82%; dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria persentase angket respon guru sebesar 92% dan angket respon siswa sebesar 98%; dinyatakan efektif dengan memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal tes soal siswa sebesar 100%. Berdasarkan persentase tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi daur air di kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Kemampuan Mendeskripsikan, Daur Air |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs. Cindy Eria Lubis |
Date Deposited: | 17 Aug 2022 13:31 |
Last Modified: | 17 Aug 2022 13:33 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4950 |
Actions (login required)
View Item |