PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF "NILA" UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN NILAI-NILAI PANCASILA

Junian, Belinda Revi (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF "NILA" UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN NILAI-NILAI PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara Pgri Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060286.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060286_SIMILARITY^.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_01_front.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (695kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060286_0710128902_0725076201_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas II SDN Jegreg yang menunjukkan bahwa Pertama, Guru belum menggunakan media pembelajaran saat menjelaskan materi. Kedua, guru hanya menggunakan buku guru dan siswa sebagai pegangan dalam mengajar. Permasalahan yang dialami yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila mengenai Nilai-nilai Pancasila. Dari 25 peserta didik, hanya 8 yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75, sedangkan 17 lainnya belum mencapai nilai tersebut. Penyebab dari permasalahan tersebut ialah minimnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik Rumusan masalah pada penelitian ini mencangkup bagaimana kevalidan, kepraktisan, keefektifan multimedia interaktif “NILA” pada materi Nilai-nilai Pancasila kelas II SDN Jegreg. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif “NILA” pada materi Nilai-nilai Pancasila kelas II SDN Jegreg. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kinerja dan analisis kebutuhan, (2) merancang desain media pembelajaran, (3) mengembangkan media, (4) mengimplementasi media, dan (5) evaluasi akhir media. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa skala likert. Kevalidan diperoleh dari angket ahli konstruksi media dan ahli materi dalam media. Kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran. Keefektifan diperoleh dari hasil post test yang dibandingkan dengan KKTP kemudian dicari ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan diperoleh dari hasil penilaian validator materi sebesar 87,5 dan validator media sebesar 94%, keduanya termasuk dalam kategori sangat valid; (2) Kepraktisan berdasarkan angket respon guru sebesar 92,5%, respon peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 97,5%, dan pada uji coba luas sebesar 98%, semuanya masuk dalam kategori sangat praktis; (3) Keefektifan diperoleh dari hasil uji coba terbatas sebesar 100% dengan kategori efektif, dan uji coba luas sebesar 100% dengan kategori sangat efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Powtoon, webeducaplay, Nilai-nilai Pancasila
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 797 Curriculum development
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Belinda Revi Junian
Last Modified: 08 Aug 2025 07:11
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item