PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR BALIK RUMAH BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN BETET 1

Damayanti, Revina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR BALIK RUMAH BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN BETET 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060225.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060225_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (680kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060225_0710039103_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV SDN Betet 1 Kota Kediri diketahui bahwa siswa kelas IV memiliki kendala atau kesulitan dalam membaca dan menhafal macam -macam keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Selain itu capaian pembelajaran juga tidak optimal yang ditunjukan dengan adanya nilai rata -rata siswa yang kurang dari nilai KKM dalam materi keberagaman budaya. Guru Ketika mengajar IPS cenderung menggunakan metode ceramah dan jarang sekali seoran guru Ketika proses pembelajaran berlangsung pada mata Pelajaran IPS terutama materi keberaaman budaya melibatkan media dalam proses pembelajarannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran Rumah Budaya Indonesia materi keberagaman budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Betet 1? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran Rumah budaya Indonesia materi keberagaman budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Betet 1? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Rumah budaya Indonesia materi keberagaman budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Betet 1? Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran Lembar Balik Rumah Budaya Indonesia pada materi keberagaman budaya pada kelas IV SDN Betet 1. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan ADDIE yang mencangkup pada 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Betet 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data angket dan tes, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah kepraktisan, kevalidan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini memiliki kevalidan yang sangat baik, dengan nilai 88% dari ahli media dan 90% dari ahli materi. Keefektifan media terlihat dari rata-rata nilai evaluasi siswa yang mencapai 86,6% pada uji terbatas dan 84,7% pada uji coba luas, melebihi kriteria ketuntasan minimal. Respon guru dan siswa juga menunjukan hasil yang positif, mengindikasi media ini praktis untuk digunakan. Simpulan dari penelitian ini sebagai berikut media pembelajaran lembar balik rumah budaya dilakukan validasi ahli media dengan persentase skors sebesar 88% dan validasi ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 90% sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat valid. Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dapat dilihat dari hasil nilai rata- rata evaluasi siswa pada uji terbatas sebesar 86,6% dan nilai rata -rata evaluasi siswa pada uji coba luas sebesar 84,7% dan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan dinyatakan sangat efektif. Dari hasil angket respon guru dengan memperoleh hasil persentase sebesar 86,67% dan respon siswa pada uji terbatas memperoleh hasil persentase sebesar 86,8%, sedangkan respon siswa pada uji coba luas memperoleh hasil persentase sebesar 84,7%. Dengan demikian, media pembelajaran dapat dinyatakan sangat praktis dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning media, cultural house, cultural diversity
Subjects: 660 Art, design and media > 674 Music art
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 811 Art drama, dance and music education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Revina Damayanti
Last Modified: 08 Aug 2025 04:27
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item View Item