Asfida Alma, Prisella Ula (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB EDUCAPLAY PADA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060051.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060051_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (651kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (530kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (945kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060051_071058701_729059101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh analisis kinerja guru terdapat beberapa permasalahan, permasalahan pertama terjadi saat observasi di kelas IV SDN Jegreg yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saat pembelajaran. Selain itu guru belum menggunakan media yang memanfaatkan teknologi. Permasalahan kedua terjadi saat melakukan wawancara yaitu guru belum menggunakan media pembelajaran saat mengajar materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan di sekolah tersebut. Selain itu guru belum pernah menggunakan metode permainan dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan ketiga terjadi disaat menganalisis hasil belajar, peserta didik lebih menyukai bermain sambil belajar. Dan yang terakhir yaitu metode mengajar yang dilakukan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi tersebut. Hal ini dibuktikan dari hasil ulangan harian terdapat 10 dari 30 peserta didik yang memenuhi KKTP. Rumusan masalah pada penelitian ini mencakup bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis Web Educaplay pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan untuk peserta didik kelas 4 SDN Jegreg. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan media pembelajaran berbasis Web educaplay pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan untuk kelas 4 SDN Jegreg. Metode pengembangan R&D memiliki beberapa model, namun pada penelitian yang dilakukan ini peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Singkatan dari model ADDIE ini memiliki arti (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kevalidan diperoleh dari hasil penilaian validator media sebesar 85,45%, penilaian validator materi sebesar 86% dan penilaian soal pretest dan posttest sebesar 82,5%, berdasarkan hasil ahli media dan ahli materi produk dapat dikatakan valid; (2) Kepraktisan diperoleh dari angket respon guru pada uji coba luas dan uji coba terbatas sebesar 92,5% dan angket respon peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 93,3%, berdasarkan hasil tersebut produk dapat dikatakan sangat praktis; (3) Keefektifan diperoleh dari uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa peserta didik mampu mendapat nilai diatas KKTP dengan presentase 100% dan dinyatakan tuntas. Sedangkan pada uji coba luas menunjukkan bahwa peserta didik mampu mendapat nilai diatas KKTP dengan presentase 100% dan dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba luas dapat dikategorikan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Web Educaplay, Hubungan Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan. |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city) 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Prisella Ula Asfida Alma |
Last Modified: | 07 Aug 2025 14:12 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |