PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI SIMBOL-SIMBOL PANCASILA

Hasanah, Ma'rifatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI SIMBOL-SIMBOL PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060048.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060048_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (913kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060048_0719048206_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi simbol-simbol Pancasila di kelas II SDN Burengan 5 Kota Kediri. Observasi awal menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bergantung pada buku modul tanpa didukung media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, keterbatasan fasilitas seperti tidak tersedianya LCD proyektor dan rendahnya partisipasi siswa turut menjadi faktor penghambat proses belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbentuk Pop Up Book sebagai upaya inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi simbol-simbol Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Burengan 5 yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi dari ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan untuk guru dan siswa, serta soal pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas media. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media guna memastikan kelayakan isi dan desain produk. Uji kepraktisan dilakukan melalui tanggapan guru dan siswa terhadap kemudahan penggunaan dan daya tarik media, sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest siswa setelah menggunakan media Pop Up Book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Book memperoleh nilai validasi dari ahli materi sebesar 98% dan dari ahli media sebesar 88%, yang keduanya masuk dalam kategori “sangat valid”. Kepraktisan media juga dinilai “sangat baik” oleh guru dan siswa, menunjukkan bahwa media mudah digunakan dan menarik minat siswa. Penggunaan media ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan adanya peningkatan signifikan pada nilai posttest dibandingkan pretest. Selain itu, suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif, serta siswa lebih fokus dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi simbol-simbol Pancasila untuk siswa kelas II SD. Media ini tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Dengan visualisasi tiga dimensi yang menarik dan interaktif, Pop Up Book mampu membantu siswa memahami makna simbol-simbol Pancasila dengan lebih mudah dan menyenangkan. Oleh karena itu, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif solusi pembelajaran tematik yang inovatif, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pop Up Book, simbol-simbol Pancasila, pengembangan media, ADDIE.
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ma'rifatul Hasanah
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:31
Last Modified: 07 Aug 2025 08:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item View Item