Irawan, Muh. Budi (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BOLA TANGAN DENGAN MEMODIFIKASI BOLA UNTUK SISWA KELAS X DI SMK PGRI NGETOS, KECAMATAN NGETOS, KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_85201_2115030135.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85201_2115030135_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (151kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (374kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85201_2115030135_0004086001_0727089001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Namun di SMK PGRI Ngetos guru belum pernah memanfaatkan media pembelajaran, sehingga pembelajaran PJOK masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran bola tangan dengan menggunakan bola yang dimodifikasi sebagai media pembelajaran alternatif bagi siswa kelas X di SMK PGRI Ngetos. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implemenationt, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 42 siswa kelas X SMK PGRI Ngetos. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan produk pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan hasil validasi ahli materi sebesar 92% dan ahli media 90%, rata-rata 91%. Kepraktisan produk dinilai sangat praktis, dengan hasil angket guru sebesar 94% dan siswa 89%, rata-rata 91,5%. Keefektifan produk mencapai kategori sangat efektif, dengan nilai uji coba terbatas sebesar 85% dan uji coba luas 92%, rata-rata 88,5%. Berdasarkan hasil tersebut, produk pengembangan pembelajaran bola tangan dengan modifikasi bola dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran PJOK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handball learning, ball modification, learning media |
Subjects: | 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 764 Sports coaching education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Muh. Budi Irawan |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |