Yulianti, Ana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SICERNA (EDUKASI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA) BERBASIS KOMIK EDUKASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS 5 SDN MADURETNO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060155.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060155_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (839kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (424kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (163kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (688kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060155_0710039103_0713078602_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media Sicerna (Edukasi Sistem Pencernaan Manusia) berbasis komik edukasi dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan pembelajaran yang tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi sistem pencernaan dan media tidak menarik perhatian siswa. Kegiatan pembelajaran hanya menggunakan buku teks dan poster anatomi tubuh manusia. Penggunaan buku teks dan poster anatomi manusia dirasa oleh siswa tidak bisa menjelaskan dan menggambarkan materi sistem pencernaan secara rinci terkait proses pencernaan makanan dan fungsi organ pencernaan di dalam tubuh manusia. Hal ini membuat siswa kurang memahami materi tersebut. Kurangnya pemahaman siswa terkait proses serta pencernaan manusia juga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Sicerna (Edukasi Sistem Pencernaan Manusia) berbasis komik edukasi serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan dari media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Maduretno 1 yang berjumlah 41 siswa, guru kelas 5 dan dua validator ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa pedoman observasi dan wawancara, angket dan soal tes berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu kevalidan menggunakan lembar validasi ahli, kepraktisan menggunakan hasil angket respon guru dan siswa, dan keefektivan menggunakan hasil uji beda antara pretest dan posttest. Hasil validitas media pembelajaran media Sicerna (Edukasi Sistem Pencernaan Manusia) berbasis komik edukasi yang diperoleh dari ahli media, yaitu 89%. Hasil yang diperoleh dari ahli materi, yaitu 93%. Hasil rata – rata validasi media yang dikembangkan mendapat nilai sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan media pembelajaran media Sicerna (Edukasi Sistem Pencernaan Manusia) berbasis komik edukasi dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil kepraktisan yang diperoleh dari guru, yaitu 90% dengan kategori sangat praktis. Hasil yang diperoleh dari kepraktisan peserta didik adalah 100% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektivan media pembelajaran media Sicerna (Edukasi Sistem Pencernaan Manusia) berbasis komik edukasi yaitu nilai signifikasi P < 0,05 dengan rata-rata pre-test 60 dan nilai rata-rata post-test 82,8 artinya adanya perbedaan signifikan hasil pretest dan posttest khususnya pada materi sistem pencernaan manusia di kelas 5 SDN Maduretno 1. Berdarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media Sicerna (Edukasi Sistem Pencernaan Manusia) berbasis komik edukasi dengam materi sistem pencernaan pada manusia dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah mencapai standar kriteria penilaian dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Komik, Sistem Pencernaan |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ana Yulianti |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:13 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |