PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN SUKOIBER

Oktavia Putri, Adinda Kaurisma (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN SUKOIBER. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060102.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060102_SIMILARITY. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (404kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (575kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060102_0006096801_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Sukoiber pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada materi sistem pernapasan manusia. Permasalahan tersebut diidentifikasi melalui hasil observasi awal dan penyebaran angket, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak karena terbatasnya penggunaan media pembelajaran interaktif dan cenderung menggunakan media konvesional. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengimplementasikan media interaktif yang sebelumnya belum digunakan di SDN Sukoiber, dan Wordwall bisa menjadi alternative yang mudan digunakan dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran berbantuan media Wordwall dan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan ANCOVA dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji ANCOVA, diperoleh nilai signifikansi pada variabel kelompok sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan media Wordwall dalam proses pembelajaran dengan kelompok siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk variabel pretest sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti pretest berpengaruh signifikan terhadap nilai posttest. Selain itu, nilai signifikansi pada variabel kelompok (antara kelas eksperimen dan kontrol) juga sebesar 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media Wordwall memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Sukoiber pada materi sistem pernapasan manusia. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan Wordwall memperoleh hasil posttest yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keyword ABSTRAK TUGAS AKHIR
Subjects: 340 Health sciences > 350 General health science
340 Health sciences > 352 Occupational safety and health (occupational health or hiperkes)
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Adinda Kaurisma Oktavia Putri
Last Modified: 07 Aug 2025 01:57
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20143

Actions (login required)

View Item View Item