Trianingsih, Siti Suryani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PANCASILA BERBASIS STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI SIMBOL DAN SILA PANCASILA UNTUK SISWA KELAS I SDN KAPI II. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060257.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060257_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_FRONT_REF.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (807kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (340kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060257_0710039103_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran tidak hanya guru yang menjadi keberhasilan dalam pembelajaran, namun juga banyak hal yang mempengaruhi dalam proses belajar siswa seperti media yang mendukung pembelajaran, dan model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter siswa serta mata pelajaran yang sedang diajarkan. Minimnya media pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang mendukung membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga, membutuhkan media pembelajaran juga model pembelajaran yang sesuai untuk keberhasilan siswa dalam pembelajaran yaitu berupa Media Flipchart Pancasila berbasis STAD (Student Team achievement Division). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari Media Flipchart Pancasila berbasis STAD (Student Team achievement Division). Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analisys-Desain-Develop-Implement- Evaluate). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner atau angket, dan tes. Teknis analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk mengetahui respon, kebutuhan, dan proses pengembangan media. Data kuantitatif digunakan untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan berdasarkan skor dan uji statistik. Subjek penelitian yaitu guru kelas 1 dan 32 siswa kelas 1 SDN Kapi II. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa Media Flipchart Pancasila berbasis STAD (Student Team achievement Division). Penilaian kevalidan dari ahli materi dan ahli media sebesar 93% dan 85,5%. Penilaian kepraktisan dari respon guru dan respon siswa sebesar 94% dan 93,2%. Penilaian keefektifan di dapatkan dari data pretest dan posttest pada saat uji luas. Dari data tersebut didapatkan rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest, yaitu (83,8>57,6). Setelah mendapatkan nilai tersebut diuji statistik Paired Sample t-Test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,000) yang dapat dikatakan bahwa produk efektif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media Flipchart Pancasila berbasis STAD (Student Team achievement Division) dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media ini layak untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sebagai salah satu inovasi dalam penyampaian materi simbol dan sila Pancasila.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pancasila Flipchart, Student Team Achievement Division, Validity, Practicality, Effectiveness |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SITI SURYANI TRIANINGSIH |
Last Modified: | 06 Aug 2025 11:33 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |