Melinda Nurfajriana, Intan (2025) EVALUASI USER EXPERIENCE PLATFORM RUANG GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK) MENGGUNAKAN TUXEL 2.0. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_57201_2113030083.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (895kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (355kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (498kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_57201_2113030083_0725057003_0713018402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_57201_2113030083_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
Abstract
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset (Kemendikbudristek) meluncurkan platform merdeka mengajar pada tahun 2023, namun pada tahun 2025 platform bertransformasi menjadi Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) bertujuan untuk penyerdehanaan yang lebih mudah dalam mendukung proses belajar mengajar. Namun dalam implementasinya pada pengalaman pengguna guru kesulitan dalam memahami fitur terutama pada pengelolaan kinerja, rendahnya literasi digital serta kurangnya terbiasa dalam menggunakan teknologi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap platform GTK yang telah bertransformasi dengan metode TUXEL 2.0 yang memuat beberapa tiga kuesioner yaitu Usability Inspection, Evaluation General LMS, dan Evaluation User Experience. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 10 responden secara offline dengan sistem media kertas manual kepada guru sekolah dasar di SDN Nambaan 2 Ngasem. Kemudian data yang dikumpulkan di analisis terbukti bahwa pada kuesioner Usability Inspection ditemukan 28 permasalahan dengan beberapa masalah yang paling banyak dikeluhkan, tidak adanya tombol ”kembali” pada halaman pengelolaan kinerja, tidak dapat mengulang/membatalkan pada perencanaan kinerja dan terakhir tidak ada informasi mengenai soal yang dijawab salah. Kemudian pada kuesioner General LMS ditemukan 47 permasalahan dengan masalah paling menonjol, tidak adanya bantuan manual, instruksi dulit dipahami, tampilan LMS tidak intuitif dan keterbatasan fitur untuk kolaborasi dan evaluasi diri. Selanjutnya terakhir pada kuesioner User Experience Evaluation menunjukan persepsi pengguna berada pada level positif (good) dengan skala mean >0.8. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa meskipun persepsi pengguna secara umum berada pada level positif, masih terdapat berbagai permasalahan krusial dalam aspek kegunaan dan desain antarmuka yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah responden yang relatif sedikit dan hanya dilakukan di satu sekolah, sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasikan secara luas. Untuk pengembangan penelitian selanjutnya, disarankan melibatkan lebih banyak responden dari berbagai jenjang pendidikan serta melakukan uji coba langsung terhadap prototipe solusi desain agar diperoleh umpan balik yang lebih mendalam dan representatif terhadap kebutuhan guru di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi User Experience, Platform GTK, TUXEL 2.0 |
Subjects: | 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Sistem Informasi |
Depositing User: | Intan Melinda Nurfajriana |
Last Modified: | 06 Aug 2025 00:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19151 |
Available Versions of this Item
-
EVALUASI USER EXPERIENCE PLATFORM RUANG GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK) MENGGUNAKAN TUXEL 2.0. (deposited UNSPECIFIED)
- EVALUASI USER EXPERIENCE PLATFORM RUANG GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK) MENGGUNAKAN TUXEL 2.0. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |