Yulianti, Dwi Aprilia (2025) EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS DIAGRAM ALIR BERBANTUAN RAPTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010004.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010004_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (497kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (111kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_06_ref.pdf - Bibliography Download (148kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010004_0713087101_0705096503_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan atau kecakapan dalam penggunaan penalaran yang sistematis dan rasional untuk menganalisis situasi, memecahkan masalah, menarik kesimpulan, dan menentukan keputusan bijak. Dengan demikian, kemampuan berpikir logis berperan penting dalam kehidupan setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis diagram alir berbantuan RAPTOR untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa khususnya pada materi barisan dan deret. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMK Ar-Rahmah. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling sehingga diperoleh kelas X-TKJ sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-TSM sebagai kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket respon siswa, serta soal pretest dan posttest. Hasil analisis lembar observasi aktivitas guru dan siswa, menunjukkan peningkatan yang baik di setiap pertemuan yang mendukung keberhasilan penggunaan media. Hasil angket respon siswa terhadap penggunaan E-LKPD menunjukkan respon positif. Sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan Mann-Whitney U Test dan N-Gain. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi < 0,001 yang mengindikasikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Didukung oleh perolehan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan. Kemudian hasil perhitungan N-Gain, persentase N-Gain score kelas eksperimen sebesar 71%. Hasil pengambilan data dan perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis diagram alir berbantuan RAPTOR efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, e-lkpd, diagram alir, berpikir logis, barisan dan deret |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dwi Aprilia Yulianti |
Last Modified: | 05 Aug 2025 11:48 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |