Abadi, Ahmad Fajar (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PADA WEBSITE BADAN PUSAT STATISTIK MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_57201_2113030018.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_57201_2113030018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (961kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (194kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_57201_2113030018_0731087703_0713018402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Badan Pusat Statistik (BPS) adalah lembaga yang berperan menyediakan data statistik untuk keperluan pemerintah, akademisi dan masyarakat di bidang demografi sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup. Salah satu sarana utama yang digunakan BPS untuk menyebarkan informasi statistik adalah melalui publikasi di website resminya, termasuk website BPS Kabupaten Kediri. Namun, penggunaan website menghadapi beberapa kendala yang dapat mempengaruhi kualitas layanannya seperti kesulitan pencarian data, tampilan fitur yang membingungkan, dan ketersediaan data yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas layanan website BPS Kabupaten Kediri menggunakan metode E-GovQual dan Importance Performance Analysis (IPA). Metode E-GovQual mengukur 6 dimensi kualitas layanan yaitu kemudahan penggunaan, kepercayaan, fungsi dan interaksi, keandalan, isi dan tampilan informasi, serta dukungan masyarakat. Sementara IPA digunakan untuk memetakan atribut layanan berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja. Pendekatan kuantitatif dengan diterapkan terhadap 100 responden yang pernah mengakses website tersebut. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner valid dan reliabel. Uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kinerja dan harapan pengguna. Tingkat kesesuaian rata-rata mencapai 95%, yang menunjukkan bahwa harapan pengguna belum sepenuhnya terpenuhi. Analisis kesenjangan menunjukkan bahwa seluruh dimensi memiliki gap negatif. Analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa tidak terdapat indikator dalam kuadran A (prioritas utama), namun terdapat 5 indikator dalam kuadran C (prioritas rendah) yang direkomendasikan untuk diperbaiki. Pada penelitian selanjutnya perlu dilakukan evaluasi pada indikator – indikator yang memiliki kualitas rendah agar website lebih efektif dan sesuai dengan harapan pengguna. Selain itu, disarankan menambahkan metode evaluasi lain seperti WebQual 4.0, User Experience (UX), atau System Usability Scale (SUS) agar lebih memahami pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, E-GovQual, IPA |
Subjects: | 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Sistem Informasi |
Depositing User: | Ahmad Fajar Abadi |
Last Modified: | 04 Aug 2025 15:38 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |