EVALUASI KETERLAKSANAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 WONOCOYO KECAMATAN PANGGUL SEBAGAI SEKOLAH MANDIRI BERUBAH

Lutfiani, Siwi (2025) EVALUASI KETERLAKSANAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 WONOCOYO KECAMATAN PANGGUL SEBAGAI SEKOLAH MANDIRI BERUBAH. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060130.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (44MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060130_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (517kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060130_0708087703_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Kurikulum Merdeka sebagai inovasi pembelajaran yang berdampak pada seluruh pelaksana pendidikan, karena banyaknya perubahan sistem dari kurikulum sebelumnya. Berdasarkan studi pendahuluan, SDN 1 Wonocoyo menjadi sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka kategori Mandiri Berubah dari 13 sekolah dasar dalam satu gugus di kecamatan Panggul, serta dengan berbagai tantangan dalam pengimplementasiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi aspek Context, Input, Process, dan Product terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 1 Wonocoyo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan metode campuran (mixed method research) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta menggunakan model evaluasi CIPP. Sampel ditentukan secara purposive, dan terdiri atas 1 kepala sekolah dan 9 guru wali kelas. Instrumen penelitian meliputi angket, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, kemudian diinterpretasikan secara bersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 1 Wonocoyo berada pada kategori “Sangat Baik”, dengan rincian: (1) Aspek Context sebesar 87,31%; (2) Aspek Input sebesar 86,5%; (3) Aspek Process sebesar 80,96%; dan (4) Aspek Product sebesar 89,68%. Berdasarkan hasil evaluasi, pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Wonocoyo telah berjalan dengan baik di semua aspek. Seluruh komponen saling mendukung untuk mencapai tujuan utama Kurikulum Merdeka, yaitu pembelajaran yang berfokus pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan karakteristik daerah. Hasil ini menunjukkan bahwa SDN 1 Wonocoyo mampu menjadi contoh dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di jenjang sekolah dasar, terutama sebagai Sekolah Mandiri Berubah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan ke sekolah dasar lain dengan latar belakang yang berbeda, agar dapat membandingkan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka secara lebih menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kurikulum Merdeka, Model CIPP
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
710 Education science > 797 Curriculum development
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIWI LUTFIANI
Last Modified: 04 Aug 2025 14:22
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18577

Actions (login required)

View Item View Item