PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI IPS POKOK BAHASAN GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Rahmadani, Ginta Prastya and WAHYUDI, WAHYUDI and SAHARI, SUTRISNO (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI IPS POKOK BAHASAN GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100053.pdf - Accepted Version

Download (10MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100053_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (190kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (866kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_02.pdf - Accepted Version

Download (139kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_03.pdf - Accepted Version

Download (623kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_04.pdf - Accepted Version

Download (767kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_05.pdf - Accepted Version

Download (33kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_06_ref.pdf - Accepted Version

Download (233kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100053_0705069001_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa tingkat belajar peserta didik rendah dalam mempelajari materi gejala alam di Indonesia dan negara tetangga. Masalah tersebut disebabkan dalam penyampaian materi gejala alam di Indonesia dan negara tetangga menggunakan media yang minim. Hal tersebut dirasa kurang dan menyebabkan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi gejala alam di Indonesia dan negara tetangga. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran menggunakan videoscribe sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar ? (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran videoscribe sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar ? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran menggunakan videoscribe sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar ? Tujuan pengembangan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Kevalidan media pengembangan berupa videoscribe sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. (2) Kepraktisan media pengembangan berupa videoscribe sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. (3) Keefektifan media pengembangan berupa videoscribe sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseacrh and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap (1) Analysis, (2) Deseign, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siwa kelas VI SD Negeri 3 Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Terdapat dua desain uji coba yang dilakukan, terdiri dari uji coba terbatas pada 8 siswa dan uji coba luas pada 28 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Media videoscribe dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan mendapatkan validasi yang dilakukan oleh validator ahli media mendapatkan presentase sebesar 95%, sedangkan validator materi mendapatkan presentase sebesar 97,7%. (2) Media videoscribe dapat dikatakan praktis dan layak untuk digunakan pada pembelajaran dengan memperoleh presentase skor 98%. Sedangkan respon siswa kelas VI terhadap media videoscribe memperoleh presentase skor 92,8%. (3) Media videoscribe dapat dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. dengan ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 88%. Sedangkan untuk uji coba luas memperoleh nilai rata-rata sebesar 96 dan telah melebihi nilai KKM (75) dengan presentase ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 100%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, videoscribe, IPS
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ginta Prastya Rahmadani
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:18
Last Modified: 09 Feb 2023 03:18
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8894

Actions (login required)

View Item View Item