PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENIGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X XI SMK PGRI 4 KEDIRI

Kotabadjo, Wiwit (2021) PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MENIGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X XI SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87205_17101030003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Refernces)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_01_front_ref..pdf

Download (487kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_0719036102_02.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_0719036102_03.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_0719036102_05.pdf

Download (184kB)
[img] Text (References)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_0719036102_06_ref.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_0719036102_07_lamp.pdf

Download (665kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_17101030003_0007016201_0005016901_0719036102_04.pdf

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kelayakan E-Learning sebagai media pembelajaran dalam ,meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X X1 SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI. Salah satu alternatif yang relevan adalah menggunakan media pembelajaran schoology yang interaktif agar dapat menjadikan siswa aktif dalam mengemukakan ide dan gagasannya secara fleksibel digunakan kapan saja dan dimana saja. Materi dan proses diskusi dapat dipublikasi melalui Schoology. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menerapkan media E-Learning berbasis Schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Materi pkn di kelas X XI SMK PGRI 4 KEDIRI. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Tiap siklus memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan revisi perencanaan pembelajaran untuk siklus berikutnya. Berdasarkan analisis dan pembahasan terhadap data hasil observasi dan evaluasi pada silkus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan media schoology dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas SMK PGRI 4 KEDIRI dengan peningkatan rata-rata aktivitas 34,84% (siklus I 53.43%, siklus II 82.62%), peningkatan rata-rata hasil belajar 32% (siklus I 62,81, siklus II 82,81), peningkatan ketuntasan adalah 38,84% (siklus I 14 siswa, siklus II 27 siswa). Aktivitas siswa online pada media schoology (siswa belajar dengan online di luar jam pelajaran/dirumah) tidak mengalami kenaikan aktivitas bahkan cenderung menurun akibat faktor teknis dan non-teknis sebagaimana dipaparkan pada bab hasil dan pembahasan dalam penelitian ini. Kata Kunci: E-Learning, Schoology, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keyword
Subjects: 410 Engineering science > 421 Civil engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs Wiwit Kotabadjo
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:34
Last Modified: 23 Sep 2022 01:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8697

Actions (login required)

View Item View Item