PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN ANALISIS PERAN EKONOMI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN MRICAN 1

Badriah, Anisatul and ILMAWATI, FAHMI IMRON and LAILA, ALFI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN ANALISIS PERAN EKONOMI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN MRICAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_80206_18101100017.pdf - Accepted Version

Download (22MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_02.pdf - Accepted Version

Download (541kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_03.pdf - Accepted Version

Download (773kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_05.pdf - Accepted Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_04.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (References)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_06_ref.pdf - Accepted Version

Download (160kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_80206_18101100017_0710128902_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (18MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_80206_18101100017_SIMILARITY.pdf

Download (510kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah rendahnya semangat belajar pada siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat konvensioanal serta kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran limu Pengetahuan Sosial. Akibatnya siswa merasa kurang bersemangat dan kurang antusias mengikuti pembelajaran, dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan produk media pembelajaran diorama pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat berdasarkan Sumber Daya Alam yang bertujuan mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media diorama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research And Development (R&D) madel ADDIE dengan Langkah-langkah seperti Analysis, Design, Development, implementation, dan Evaluation yang dilakukan pada kelas V SDN Mrican 1 kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, angket, serta tes skala terbatas dan skala luas dengan teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Pada tehnik ini untuk mengetahui (1) kevalidan, (2) keefektifan dan (3) kepraktisan media Diorama. Pada hasil kevalidan yang berasal dari persentase ahli validator sebesar 90% . kemudian dari nilai kepraktisan dengan hasil yang berasal dari angket kepraktisan guru sebsar 86% dan angket kepraktisan siswa 95%. Selanjutnya pada nilai hasil keefektifan dengan hasil perhitungan KBK soal evaluasi pada skala terbatas mendapatkan skor sebesar 36% Sedangkan hasil evaluasi pada skala luas mendapatkan nilai sebesar 87,5% Maka dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi dengan menggunakan media diorarna sangat layak dan efektif untuk membantu dalam proses pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Peran Ekonomi, Kehidupan Sosial
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anisatul Badriah
Last Modified: 08 Aug 2023 05:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item View Item