Asnanda, Dwija and AKA, KUKUH ANDRI and DAMARISWARA, RIAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI CERITA FIKSI SECARA LISAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 1 TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_17101100038.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100038_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (742kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (367kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (710kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (962kB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (267kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100038_0713118901_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Lirboyo 1 Kota Kediri yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi secara lisan. Kenyataan di lapangan, pembelajaran materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi dalam pelajaran Bahasa Indonesia memiliki kendala. Pertama, siswa kurang memahami terkait materi tokoh-tokoh cerita fiksi seperti, penokohan dan watak pada tokoh cerita. Kedua, dikarenakan kondisi dalam menyampaikan materi guru juga cenderung menggunakan metode ceramah saat proses pembelajaran sehingga siswa kurang fokus dan tertarik pada materi. Ketiga, dalam pembelajaran guru tidak menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran visual berbasis tiga dimensi yang pengembang beri nama media Pop-Up Book. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan produk media Pop-Up Book pada materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi secara lisan untuk siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri Tahun 2020/2021. (2) Untuk mengetahui kepraktisan produk media Pop-Up Book pada materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi secara lisan untuk siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri Tahun 2020/2021. (3) Untuk mengetahui keefektifan produk media Pop-Up Book pada materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi secara lisan untuk siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri Tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dan dikembangkan berdasarkan 5 tahapan pada model penelitian konsep ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. yang bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran Pop-Up Book pada materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi secara lisan pada kelas IV SD. Produk media pembelajaran pada materi mengidentifikasi tokoh-tokoh cerita fiksi secara lisan, setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi ahli media menunjukkan 96%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Book sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 80%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil uji kepraktisan oleh guru kelas menunjukkan persentase 84% yang menunjukkan pada kategori praktis digunakan. Sedangkan uji keefektifan menunjukkan ketuntasan klasikal 100% berarti media Pop-Up Book sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Dwija Asnanda |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:55 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 02:58 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4543 |
Actions (login required)
View Item |