Lian Maharani, Faridatul and LAILA, ALFI and DAMARISWARA, RIAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS IV DI SDN LIRBOYO II KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100109.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100109_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (114kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (469kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100109_0708087703_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket need asessment kepada kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV SDN Lirboyo II Kota Kediri ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satunya kuragnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Hal ini dibuktikan saat pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung pasif dan mengantuk. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV di SDN Lirboyo II Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari pengembangan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan pada pengembangan media pembelajaran macromedia flash ini yaitu model ADDIE yang mencakup 5 tahap. Tahapan-tahapan tersebut yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluations (evaluasi). Subjek uji coba skala terbatas adalah 10 siswa SDN Lirboyo I Kota Kediri dan subjek uji coba skala luas adalah 48 siswa SDN Lirboyo II Kota Kediri. Data yang diperoleh berupa dokumentasi dan skor. Teknik analisis data yang digunakan sebagai berikut. (1) Menjabarkan hasil observasi, wawancara dan need asessment. (2) Menghitung presentase hasil validasi ahli materi, RPP dan media. (3) Menghitung rata-rata hasil pengerjaan soal post-test siswa. (4) menghitung presentase hasil kepraktisan ahli praktisi. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil berikut. (1) Hasil uji validasi produk menunjukkan persentase skor akhir sebesar 94,26% yang artinya media pembelajaran masuk dalam kriteria sangat valid. (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa ada perbedaan nyata antara pre-test dan post-test yang artinya media pembelajaran masuk dalam kriteria sangat efektif. (3) Hasil uji kepraktisan respon guru dan respon siswa mendapatkan persentase skor 95,09% yang artinya media pembelajaran masuk dalam kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran bahasa Indonesia layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IV di SDN Lirboyo II Kota Kediri. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dan pustakawan untuk melakukan penelitian selanjutnya guna menyempurnakan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, macromedia flash, berpikir kritis. |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Faridatul Lian Maharani |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 00:19 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 00:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6327 |
Actions (login required)
View Item |