Nastiti, Siti Hardika and PUTRI, KHARISMA EKA and MUKMIN, BAGUS AMIRUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100005.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
|
Text (Coversd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (153kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100005_0719109101_0728129001_07_ref.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text (SIMILARITY)
RAMA_86206_18101100005_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (655kB) |
Abstract
Siti Hardika Nastiti : Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2022. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Siklus Hidup Hewan Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa guru masih belum menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran terutama pada materi siklus hidup hewan. Kurangnya pemahaman dan penguasaan materi siswa pada materi siklus hidup hewan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran ular tangga pada materi siklus hidup hewan kelas IV sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran ular tangga pada materi siklus hidup hewan kelas IV sekolah dasar. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran ular tangga pada materi siklus hidup hewan kelas IV sekolah dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE . Dalam ADDIE terdapat terdapat beberapa tahapan meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Katerban 2. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, dan tes berupa soal post test yang diberikan kepada siswa. Kesimpulan hasil penelitian pada media ular tangga dinyatakan sangat valid atau layak digunakan pada proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan validasi ahli media, kualitas media yang dikembangkan adalah sangat baik dengan presesntase skor 86,25%. Sedangkan untuk validasi ahli materi memperoleh presentase skor 86,5%. Jadi rata-rata presentase skor yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi adalah 86,37% termasuk dalam kategori validitas 81.00% – 10.00% yang artinya media sangat valid. Media ular tangga dinyatakan praktis diperoleh dari angket respon guru dengan presentase skor 86% dan angket respon siswa dengan presentase skor 100% terletak pada rentang 81.00% – 100.00% yang artinya media ular tangga dinyatakan sangat praktis. Media ular tangga dinyatakan efektif dengan melakukan uji coba kepada 22 siswa kelas IV SDN Katerban 2 yang menunjukkan nilai rata-rata 87,27 sehingga siswa memperoleh nilai ≥KKM 75 dengan ketuntasan belajar klasikal 91% . Jadi media ular tangga valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Siklus Hidup Hewan |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Hardika Nastiti |
Date Deposited: | 14 Aug 2022 12:25 |
Last Modified: | 14 Aug 2022 12:25 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5556 |
Actions (login required)
View Item |