Maharani, Desi and HUNAIFI, ABDUL AZIZ and WIGUNA, FRANS ADITIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK NUSANTARA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_17101100086.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_1710110086_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (236kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100086_0704078402_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Lirboyo 1 Kota Kediri yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran tiga dimensi pada mata pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya sehingga media pembelajaran yang digunakan bersifat monoton dan pembelajaran hanya menggunakan buku guru dan buku siswa. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yaitu dengan media pembelajaran yang inovatif yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Dari analisis kinerja, perlu dikembangkan media pembelajaran visual berbasis tiga dimensi pada pelajaran PPKn materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya yang diberi nama Media Kotak Nusantara. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk kevalidan deskripsi produk media kotak nusantara pada materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya pada kelas 4 SD; (2) untuk mengetahui keefektifan produk media kotak nusantara pada materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya pada kelas 4 SD, dan (3); untuk mengetahui kepraktisan produk media kotak nusantara pada materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya pada kelas 4 SD. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan dengan konsep ADDIE yang bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran pada materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan 5 tahapan pada model penelitian, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk media pembalajaran visual berbasis tiga dimensi pada materi keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya, setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan media berdasarkan tabel kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi media jika persentase 81% - 100% termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan, sedangkan analisis data validasi ahli media menunjukkan 96%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak nusantara sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 92%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh persentase 94% yang menunjukkan bahwa pada media praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Kotak Nusantara, Kemampuan Mengidentifikasi, Keberagaman Suku Bangsa |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Desi Maharani |
Date Deposited: | 13 Aug 2022 18:00 |
Last Modified: | 13 Aug 2022 18:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4541 |
Actions (login required)
View Item |