Yuliani, Tri (2025) TRANSFORMASI PEMBELAJARAN EKONOMI: E-MODUL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87103_2101020001.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87103_2101020001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (267kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87103_2101020001_0028106601_0014015706_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (641kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Tri Yuliani. Transformasi Pembelajaran Ekonomi : E-Modul Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil belajar DanProfil Pelajar Pancasila Di SMA, Tesis, Magister Pendidikan Ekonomi, UNP Kediri, 2025. Kata kunci: E-modul ekonomi; Hasil belajar siswa; Kearifan lokal; Pembelajaran konatekstual; Profil Pelajar Pancasila Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektivitas e-modul ekonomi bermuatan kearifan lokal dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta membentuk Profil Pelajar Pancasila. Urgensi penelitian ini terletak pada rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dan minimnya pengintegrasian nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran. Kebaruan penelitian meliputi pendekatan pemecahan masalah berbasis kearifan lokal, penggabungan dimensi kognitif dan karakter, serta pelibatan aktif para pemangku kepentingan lokal. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan pendekatan mixed-method. Hasil validasi ahli menunjukkan e-modul sangat layak digunakan, sementara uji implementasi pada 50 siswa SMA menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar, dengan rata-rata skor post-test (79,6) lebih tinggi dibandingkan pre-test (47,6). Dampaknya, e-modul tidak hanya meningkatkan hasil belajar tetapi juga menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pembelajaran ekonomi dan pemahaman nilai-nilai Pancasila, memperkuat relevansi pembelajaran dengan identitas budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul ekonomi; Hasil belajar siswa; Kearifan lokal; Pembelajaran konatekstual; Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | 410 Engineering science > 454 Electronics engineering 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 723 Economic education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Tri Yuliani |
Last Modified: | 23 Apr 2025 15:05 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |