KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI

Suminingrum, Aida (2025) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DIRI SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_2014010041..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_SIMILARITY..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_01_front_ref..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (879kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_02..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_03..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_04..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_05..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_06_Ref..pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010041_0702068903_0716046202_07_Lamp..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa terdapat siswa yang memiliki disiplin diri yang rendah di SMK PGRI 4 Kediri seperti datang terlambat ke sekolah, membolos, tidur saat jam pelajaran berlangsung, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction efektif untuk meningatkan disiplin diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan one grup pretest posttest design. Dalam teknik tersebut hanya terdapat satu kelompok untuk diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction. Teknik pengumpulan data disiplin diri pada penelitian ini menggunakan skala disiplin diri. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t (paired sample t-test) dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai pretest sebesar 55.88 dan nilai posttest sebesar 98,25 maka terjadi peningkatan sebesar 42,37. Metode analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat diinterpretasikan hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan disiplin diri sebelum dan sesudah dilakukannya bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction. Guna menguji efektivitas dari bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction digunakan uji N-Gain. Uji N-Gain didasarkan pada nilai pretest dan posttest dan mendapatkan hasil sebesar 96,2929. Artinya bimbingan kelompok dengan teknik self-instruction efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa karena sesuai dengan kriteria Gain yang hasilnya lebih dari 76%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa mampu melakukan teknik self- instruction secara mandiri tidak hanya dalam aspek disiplin diri namun pada semua aspek. Bagi guru BK ketika memberikan layanan bimbingan dan konseling bisa menggunakan bimbingan kelompok yang menerapkan teknik self-instruction untuk meningkatkan disiplin diri siswa, serta bagi sekolah diharapkan dapat dijadikan kebijakan sekolah untuk membangun karakter disiplin pada siswa dengan melakukan self-instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Disiplin Diri, Self-Instruction
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Aida Suminingrum
Last Modified: 07 Mar 2025 06:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17843

Actions (login required)

View Item View Item