PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Nabila, Mirta Aliya Shiva'un (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2015020004.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2015020004_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (929kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2015020004_0729116401_079108201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa salah satu metode pembelajaran yang diberikan guru berupa metode ceramah yang masih berpusat pada guru, dan media pembelajaran yang digunakan guru masih memakai buku pelajaran dan LKS cetak dari pernebit. Hal tersebut berpengaruh pada motivasi belajar peserta didik yang belum maksimal karena merasa kurang mampu terhadap materi biologi. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam memotivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 prambon?. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melalui penerapan LKPD berbasis problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan tipe pengembangan yang digunakan yaitu Development Studies dengan 2 tahap yaitu tahap Preliminary Research (tahap persiapan, tahap pendesainan materi) dan tahap Formative Evaluation (self evaluation, expert reviews, one-to-one, revisi, small group, revisi, dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-4 SMA Negeri 1 Prambon terdiri dari 35 peserta didik pada mata pelajaran sistem gerak pada manusia. Data penelitian berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis deskriptif kualitatif dari hasil kritik dan saran yang diberikan validator ahli dan pembahas mengenai LKPD dengan model pembelajaran problem based learning sehingga menghasilkan bahan perbaikan untuk merancang media ajar yang tepat, sedangkan deskriptif kuantitatif, diperoleh dari skor angket motivasi belajar dan hasil tes tulis peserta didik melalui tahap pre test dan post test yang disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis problem based learning valid digunakan dengan hasil validasi ahli diperoleh 87% dan 98%, sedangkan hasil pembahas (guru mapel biologi) diperoleh 100% merupakan kategori sangat valid. Hasil implementasi LKPD berbasis problem based learning menunjukkan peningkatan hasil belajar dan hasil motivasi belajar pada kategori intrinsic motivation yang danilai dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Biologi
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mirta Aliya Shiva'un Nabila
Last Modified: 23 Aug 2024 06:19
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item