Pramita, Fransiska Dwi (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “PETOK PEJANDA” BERBASIS APLIKASI PREZI MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PENJAJAHAN BELANDA UNTUK KELAS 5 SDN PULOREJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100018.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (515kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (212kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100018_0710128902_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Pulorejo 1. Berdasarkan hasil observasi ditemukan masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPS materi sejarah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena 1) siswa kurang menyukai dan menganggap sulit mata pelajaran IPS khususnya materi sejarah, 2) guru hanya mengandalkan buku guru dan buku siswa, 3) tidak ada media pendukung untuk materi sejarah, 4) Guru hanya menggunakan metode ceramah saat mengajar. Sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif, tidak ada keinginan untuk berkompetisi dan mengabaikan guru yang sedang menjelaskan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia interaktif “petok pejanda” berbasis aplikasi prezi pada materi perjuangan para tokoh pejuang penjajahan belanda untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Pulorejo 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SDN Pulorejo 1. Penelitian ini dilakukan uji validasi terlebih dahulu untuk mengetahui kevalidan multimedia pembelajaran. Selanjutnya dilakukan 2 tahap uji coba yaitu uji coba terbatas pada 10 siswa dan uji coba luas pada 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Kevalidan multimedia interaktif berbasis prezi yang yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi dari validator ahli media sebesar 80% dan kevalidan yang diperoleh dari validator ahli materi mencapai 88%. Berdasarkan hasil perhitung persentase keseluruhan mendapat skor sebesar 84% dengan kategori sangat valid, 2) Kefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Prezi yang diimplementasikan pada uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata sebesar 86 dan telah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan yaitu 75, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Pada uji coba luas berhasil memperoleh nilai rata-rata sebesar 87 dan telah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan yaitu 75, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 96%, 3) Kepraktisan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Prezi didapat dari angket respon guru dan respon siswa yang diberikan saat pelaksanaan uji terbatas dan uji luas. Dari hasil respon guru diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Pada uji terbatas diperoleh hasil persentase sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Pada uji luas diperoleh hasil persentase sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia, Prezi, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 618 History (history) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fransiska Dwi Pramita |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:03 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16902 |
Actions (login required)
View Item |