PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DIDUKUNG VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MLANCU 2

Afanti, Rizqi Wahyu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DIDUKUNG VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MLANCU 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060290.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060290_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_01_font_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060290_0724077901_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil penelitian yang dilakukan di SDN Mlancu 2 bahwa pembelajaran IPA di SD masih menggunakan model konvensional. Akibatnya proses pembelajaran menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut membuat hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini yaitu (1) Apakah hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain pada materi kalor dan perpindahannya dengan bantuan video tutorial < KKM 75? (2) Apakah hasil belajar peserta didik sesudah penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain pada materi kalor dan perpindahannya dengan bantuan video tutorial ≥ KKM 75? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain pada materi kalor dan perpindahannya dengan bantuan video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain Pre-experimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Subyek penelitian ini peserta didik kelas V SDN Mlancu 2 Kandangan. Instrumen yang digunakan ialah perangkat pembelajaran dan test berupa soal pilihan ganda. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain pada materi kalor dan perpindahannya didukung video tutorial < KKM 75. (2) Hasil belajar peserta didik sesudah penerapan model Predict-Observe-Explain pada materi kalor dan perpindahannya didukung video tutorial ≥ KKM 75 (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain pada materi kalor dan perpindahannya terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan pendidik memiliki kemampuan dan motivasi saat menerapkan model Predict-Observe-Explain agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, POE, video tutorial, hasil belajar.
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rizqi Wahyu Afanti
Date Deposited: 13 Aug 2024 13:31
Last Modified: 13 Aug 2024 13:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14829

Actions (login required)

View Item View Item