PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KELAS II SEKOLAH DASAR

Retnoningtya, Andara Sintho (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060045.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060045_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (529kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060045_0708087703_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Andara Sintho Retnoningtya : Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2024. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, pop up book, kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti bahwa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengenal kosakata pada siswa kelas II SDN Kraton dan SDN Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri belum berjalan efektif. Hal ini dikarenakan 1) Guru tidak menggunakan media pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan kurang maksimalnya waktu sehingga guru belum bisa membuat media, 2) rendahnya hasil belajar siswa dalam kemampuan berbicara pada materi tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media gambar berseri berbasis Pop-Up Book untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Kraton dan SDN Ngadi. Penelitian ini dilakukan uji validasi untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran. Selanjutnya terdapat dua jenis uji coba, yaitu uji coba terbatas pada 10 siswa dan uji coba luas pada 30 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) hasil uji kevalidan materi memperoleh hasil validasi materi sebesar 88%, validasi media mendapatkan skor 96%. Berdasarkan hasil dari rekapitulasi validasi materi dan media gambar berseri berbasis pop up book memperoleh skor 92% dan termasuk dalam kriteria sangat valid; (2) hasil uji kepraktisan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop up book memperoleh persentase respon guru skala terbatas sebesar 96% sedangkan respon guru skala luas memperoleh skor 94%, hasil respon siswa pada uji terbatas memperoleh skor 98%, dan hasil respon siswa uji coba luas memperoleh persentase skor sebesar 97%. Total skor dari keseluruhan yaitu 96,25% dan dinyatakan sangat praktis; (3) hasil uji keefektifan pada skala terbatas mendapatkan nilai uji normalitas sig. sebesar 0,942 > 0,005 dan 0,499 > 0,05 data terdistribusi normal, pada skala luas hasil uji normalitas mendapatkan nilai 0,136 > 0,05 dan 0,291 > 0,05 data terdistribusi normal, uji homogenitas mendapatkan nilai 0,053 > 0,05 maka data sama atau homogen,pada uji-t mendapatkan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan antara post-test dan pre-test yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran gambar berseri pop up book terhadap peningkatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, pop up book, kemampuan berbicara siswa.
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Andara Sintho Retnoningtya
Last Modified: 07 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item