RENCANA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS ANALISIS SWOT DI LINGKUP YAYASAN AL FALAHUL UMMAH BLABAK KANDAT KABUPATEN KEDIRI

Putri, Dyah Ayu Eka (2024) RENCANA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS ANALISIS SWOT DI LINGKUP YAYASAN AL FALAHUL UMMAH BLABAK KANDAT KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2012010239.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010239_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (124kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010239_0711098703_0713076803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (864kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pemasaran memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Untuk membuat strategi pemasaran yang efektif, perlu riset pasar. Salah satu cara yang paling cocok untuk melakukan riset pasar untuk institusi pendidikan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rencana pengembangan strategi pemasaran di lingkungan Yayasan Al Falahul Ummah dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT, matriks SWOT, rumusan kombinasi strategi matriks SWOT, dan matriks (IE). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kekuatan yang ditawarkan terdiri dari kualitas produk/program, harga/biaya yang ditetapkan, kerja sama sekolah dengan pihak lain, lokasi sekolah, dan fasilitas sekolah. Kelemahan yang muncul adalah kurangnya anggaran khusus dan kurangnya fasilitas teknologi untuk sarana pemasaran, risiko penurunan calon murid karena banyaknya sekolah lain yang berdekatan satu sama lain dan juga karena kurangnya kesadaran orang tua atau wali murid tentang pendidikan anak usia dini, serta terbatasnya sarana dan prasarana, 2) Peluang yang ditawarkan terdiri dari produk/program yang ditawarkan yang unik dibandingkan dengan yang lain citra sekolah dimata konsumen, dan kerja sama sekolah dengan institusi lain. Ancaman yang muncul adalah tingkat persaingan di sekolah, kemajuan teknologi dalam pemasaran, dan kreativitas sekolah lain, dan 3) Berdasarkan hasil diagram SWOT, strategi yang digunakan adalah strategi agresif yang menggunakan semua kekuatan untuk menangkap peluang, mengatasi kelemahan, menghindari ancaman, dan strategi yang digunakan untuk memasarkan adalah meningkatkan kualitas produknya, membuat inovasi produk/program yang menonjol dari sekolah pesaing lainnya. Namun, karena kurangnya staf, terutama di bidang pemasaran sekolah, itu adalah salah satu faktor penghambat kegiatan pemasaran sekolah. Oleh karena itu, yayasan perlu merekrut staf untuk bidang IT agar kegiatan pemasaran dapat berjalan optimal dan mendapatkan jumlah calon siswa yang stabil setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks SWOT
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Dyah Ayu Eka Putri
Last Modified: 02 Aug 2024 06:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item