Mahzuna, Elvyana La'alil and RIDWAN, RIDWAN and KHAN, ROSA IMANI (2023) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI MEDIA BUNGKUS SNACK PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B KB PELITA HATI DESA SIDEM KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86207_19101110022.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_19101110022_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_ 01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_05.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (62kB) |
|
Text (Reference)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_19101110022_0725037101_0705068602_ 07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK ELVYANA LA’ALIL MAHZUNA : Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Bungkus Snack Pada Anak Didik Kelompok B KB Pelita Hati Desa Sidem, Skripsi, PGPAUD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2022. Kata Kunci : Kemampuan mengenal huruf, media bungkus snack, KB Pelita Hati. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal huruf anak didik masih sangat rendah dan kurang. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal ini dapat dilihat bahwa masih banyak anak didik yang belum mampu mengenal huruf dengan menggunakan media bungkus snack. Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah , pertama, kurangnya keaktifan anak dalam proses pembelajaran tersebut. Kurangnya keaktifan anak dalam proses kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh dengan perkembangan dan hasil belajar anak didik. Kedua, dalam proses pembelajaran, suasana kelas tampak ramai. Anak-anak sibuk dengan mainannya sendiri, anak berbicara dengan temannya. Proses pembelajaran seperti ini berlangsung sangat lama, sehingga proses kurang efektif dan efisien. Anak juga bosan berada di dalam kelas. Ketiga, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik minat anak, sehingga dalam proses pembelajaran anak merasa bosan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B KB Pelita Hati Desa Sidem. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, menggunakan instrument lembar observasi, unjuk kerja atau lembar kerja, dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat dibuktikan bahwa anak yang sebelumnya masih kurang mengenal macam-macam huruf sekarang sudah tahu dan bisa (2) Setelah dilakukanya penelitian pada anak yang sebelumnya kurang mengenal huruf sekarang sudah kenal dengan huruf dan terbukti bisa meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad kepada anak dan anak didik yang sebelumnya merasa bosan sekarang anak menjadi lebih semangat saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat ditunjukkan melalui hasil siklus ketuntasan dalam pembelajaran menggunakan media bungkus snack yang telah dilakukan yaitu pada siklus I mendapatkan presentase sebesar 16,7%, dan siklus II 75% dapat dikatakan usdah meningkat sesuai harapan Bedasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan pokok penggunaan pembelajaran adalah media bungkus snack untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kelas yang menyenangkan dan tidak monoton serta guru harus kreatif dalam menggunakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 801 Early childhood education programs |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Elvyana La'alil Mahzuna |
Last Modified: | 13 Aug 2023 17:05 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11495 |
Actions (login required)
View Item |