Sandy, Farania Anugerah and WIGUNA, FRANS ADITIA and SANTI, NOVI NITYA (2023) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGSIMO 1 KECAMATAN BANDARKEDUNGMULYO KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100093.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100093_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (782kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100093_0719048206_0714118403_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN Pucangsimo 1 Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang masih tergolong monoton dan pasif sehingga berakibat kurangnya dorongan dari dalam diri siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah pemberian penguatan verbal berpengaruh pada hasil belajar siswa? (2) Apakah tanpa pemberian penguatan verbal berpengaruh pada hasil belajar siswa? (3) Adakah perbedaan antara pemberian penguatan verbal dengan tanpa pemberian penguatan verbal?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap hasil belajar siswa. (2) Untuk mengetahui pengaruh tanpa pemberian penguatan verbal terhadap hasil belajar siswa. (3) Untuk mengetahui perbedaan antara adanya pemberian penguatan verbal dengan tanpa pemberian penguatan verbal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek siswa kelas V SDN Pucangsimo 1 dan Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A (kelas kontrol) dan Kelas V B (Kelas Eksperimen). Menggunakan instrumen berupa RPP dan tes pre test post test hasil belajar IPA. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah adanya (1) Adanya pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V dibuktikan dengan hasil thitung 13,587 ≥ ttabel 1,694 (pada df 32 pada taraf signifikan 5%) yang artinya pemberian penguatan verbal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan nilai rata-rata 78,18 > KKM 75 (2) Adanya pengaruh tanpa pemberian penguatan verbal dibuktikan dengan hasil uji t paired sample t test diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,638 > 1,694 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga tanpa pemberian penguatan verbal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan nilai rata-rata 71,51 < KKM 75 (3) Adanya perbedaan antara pemberian penguatan verbal dengan tanpa pemberian penguatan verbal dapat dibuktikan dengan hasil dari uji independent sample t test diperoleh thitung 2,113 ≥ ttabel 1,669 (pada df 64 pada taraf signifikan 5%) yang artinya berdasarkan tabel frekuensi hasil belajar siswa yang diberi penguatan verbal (kelas eksperimen) lebih tinggi yaitu sebesar 78,18 dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak diberi penguatan verbal (kelas kontrol) yaitu sebesar 71,51.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Verbal, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 795 Educational psychology 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Farania Anugerah Sandy |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 00:55 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 00:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9086 |
Actions (login required)
View Item |