PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SUATU TEKS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR AISYIYAH 1 PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

ANDINI, DIAN AYU and MUJIWATI, ENDANG SRI and SANTI, NOVI NITYA (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA SUATU TEKS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR AISYIYAH 1 PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full Text)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (710kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71kB)
[img] Text (Lmpiran)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Artikel)
RAMA_86206_14.1.01.10.0034_0725076201_0714118403_08_artk.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V Sekolah Dasar Aisyiyah 1 masih di bawah KKM (75). Buktinya dari 25 siswa yang ada, terdapat 18 siswa yang masih mendapat nilai di bawah KKM (75). Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya berpedoman pada buku pegangan tanpa menggunakan model pembelajaran yang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mencapai hasil yang diinginkan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh model Think Pair Share terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Plemahan kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana pengaruh model Direct Intruction terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Plemahan kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020?. 3) Adakah perbedaan pengaruh model Think Pair Share dengan model Direct Intruction terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Plemahan kabupaten Kediri tahun ajaran 2019/2020?. Subyek penelitian ini siswa kelas V Sekolah Dasar Aisyiyah 1 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 13,344 ≥ 2,064 pada taraf signifikan 5%. 2) Model pembelajaran Direct Intruction berpengaruh terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 9,531 ≥ 2,064 pada taraf signifikan 5%. 3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan model Direct Intruction terhadap kemampuan menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit pada siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Pelemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung ≥ ttabel yaitu 7,262 ≥ 2,011 dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Suatu Teks.
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Dian Ayu Andini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:02
Last Modified: 24 Aug 2020 06:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item