SOLEKAH, MARATUS and LESTARININGRUM, ANIK and DWIYANTI, LINDA (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA BELAJAR DIRUMAH. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA BELAJAR DIRUMAH, Vol.1 (N0.1). pp. 67-79. ISSN 2776-4117 (Unpublished)
Text (Full text)
RAMA_86207_19101110018.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_19101110018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (351kB) |
|
Text (References)
RAMA_86207_19101110018 _0708027803_0707079101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_19101110018 _0708027803_0707079101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan mulai anak usia dini terhambat dengan pandemi yang melanda sehingga harus dilakukan proses pembelajaran dari rumah. Dibutuhkan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam peningkatan aspek perkembangan anak juga salah satunya terkait pembiasaan penanaman nilai agama moral. Permasalahan yang dihadapi tidak semua orang tua mendukung dalam implementasi pembiasaan tersebut sementara lembaga ini memiliki kekhasan pengembangan nilai agama moral selama di sekolah menjadi satu konsep yang ditekankan lebih banyak waktunya. Untuk mengatasi masalah tersebut guru menerapkan beragam media dan metode yang akan dilaksanakan dengan kolaborasi dengan orang tua menggunakan kegiatan yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A di RA Kusuma Mulia Mojosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri sebanyak 15 anak. Metode penelitian akan digunakan studi kualitatif dimana teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif diperoleh hasil tentang implementasi pembelajaran nilai agama moral pada anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media interaktif hasil buatan guru memperoleh hasil peningkatan pada indikator pelaksanaan ibadah dan pengenalan waktu sholat 1 anak MB, 8 nak BSH dan 6 anak BSB. Rekomendasi yang dapat diberikan keterbatasan media yang dibuat guru sebaiknya dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar agar peningkatan aspek nilai agama moral juga dapat dilakukan seperti aspek lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 794 PGTK and PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Maratus Solekah |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 12:21 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 12:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8307 |
Actions (login required)
View Item |