Kemampuan Literasi Anak-anak Indonesia di Tengah Pesatnya Perkembangan Teknologi Era Revolusi Industri 4.0

KHAN, ROSA IMANI (2019) Kemampuan Literasi Anak-anak Indonesia di Tengah Pesatnya Perkembangan Teknologi Era Revolusi Industri 4.0. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Creative and Innovative Education in The Industry 4.0: The Current Trends. UNY Press, Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 1212-1222. ISBN 9786024980733

[img] Text
KEMAMP~1.PDF

Download (1MB)
[img] Text
UJIPLA~1.PDF

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review Kemampuan Literasi_009.pdf

Download (680kB)

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0. saat ini ditandai dengan digitalisasi di berbagai sektor kehidupan. Penggunaan gadget dan internet oleh masyarakat begitu tinggi, meliputi seluruh lapisan masyarakat. Menilik berbagai kelebihan gadget, anak dapat sangat mudah menyukai gadget. Hasil-hasil riset menunjukkan bahwa teknologi, khususnya gadget, sangat populer di kalangan anak Indonesia. Namun minat anak Indonesia yang tinggi terhadap produk era digitalisasi ini rupanya tidak sejalan dengan kemampuan literasi yang dimiliki. Tulisan ini didasarkan pada hasil-hasil penelitian dengan studi literatur yang berupaya untuk menggali lebih mendalam tentang bagaimana kemampuan literasi anak-anak Indonesia di tengah perkembangan kecanggihan teknologi saat ini dan bagaimana saja dampak perkembangan teknologi tersebut terhadap kemampuan literasi anak. Hasil riset menunjukkan bahwa kemampuan literasi anak-anak di Indonesia masih rendah, padahal kemampuan literasi merupakan pijakan dari perkembangan ilmu dan budaya.Kemampuan literasi adalah kemampuan memahami, melibatkan, menggunakan, menganalisis dan mentransformasi teks. Beberapa hasil penelitian menunjukkan adanya dampak negatif penggunaan gadget terhadap perkembangan anak, termasuk kemampuan literasi anak. Saat anak menggunakan gadget secara berlebihan, maka akan banyak kehilangan kesempatan untuk mengasah kematangan berbagai aspek perkembangannya, termasuk kemampuan literasinya. Sebenarnya aktivitas bermain gadget tidak selalu berdampak buruk. Peran orangtua terhadap penggunaan gadget oleh anak harus selalu dilakukan demi menghindarkan anak dari dampak buruk penggunaan gadget.

Item Type: Book Section
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rosa Imani Khan
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:51
Last Modified: 05 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item