Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE

DWIYANTI, LINDA and KHAN, ROSA IMANI (2020) Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE. In: Prosiding Senaster Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan. Universitas Tidar, Universitas Tidar.

[img] Text
Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui APE.pdf

Download (895kB)
[img] Text
Cek Turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review Optimalisasi Perkembangan Linda)
Peer Review Optimalisasi Perkembangan_001.pdf

Download (500kB)
[img] Text (Peer Review Optimalisasi Perkembangan Rosa)
Peer Review Optimalisasi Perkembangan Bahasa_016.pdf

Download (673kB)
Official URL: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/ar...

Abstract

Usia dini adalah masa yang paling potensial sebagai peletak dasar segala aspek perkembangan pada anak. Dimana aspek-aspek tersebut akan saling berkaitan satu sama lain dan berkembang seiring dengan tahapan usia anak. Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Adapun indikator dalam kemampuan bahasa anak adalah menyimak, membaca, menulis,dan berbicara. Kemampuan bahasa awal akan menjadi dasar anak berkomunikasi, bersosialisasi dengan lingkungan. Proses perkembangan aspek bahasa pada anak bersifat unik. Sehingga dalam proses pembelajaran, sebaiknya dikemas melalui kegiatan bermain sambil belajar. Melalui bermain anak akan merasa bahagia, dan nyaman melakukan proses belajar kemudian menggali pengetahuan serta kemampuan berbahasanya. APE merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan guru sebagai alat bantu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Melalui APE anak dapat bermain sekaligus mengembangkan kemampuan bahasanya melalui komponen-komponen permainan.

Item Type: Book Section
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Linda Dwiyanti
Date Deposited: 20 May 2021 06:42
Last Modified: 05 Oct 2021 07:23
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3602

Actions (login required)

View Item View Item