Anggraeni, Puspita (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) MTs NEGERI SE- KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2025. Masters thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_85101_2101010002.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85101_2101010002_similarity.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (541kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (196kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (415kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85101_2101010002_0709059001_0709116101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Kediri. Kurikulum Merdeka merupakan inovasi kebijakan pendidikan yang menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, diferensiasi, dan penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Untuk mengetahui sejauh mana kebijakan ini diimplementasikan dalam konteks mata pelajaran PJOK, peneliti menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan metode campuran (mixed methods). Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Angket disebarkan kepada wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru PJOK dan siswa, sedangkan wawancara dilakukan dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan wakil kepala madrasah bidang sarana prasarana. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan statistik deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks, mayoritas madrasah dan pendidik mendukung penerapan Kurikulum Merdeka karena sejalan dengan kebutuhan pengembangan potensi siswa dan peningkatan kualitas pembelajaran PJOK dan dalam kategori sangat baik dengan rata- rata 3,69 dari hasil angket wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan 3,40 dari hasil angket guru PJOK. Pada aspek input, sebagian besar guru telah memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dan pengalaman mengajar yang memadai, namun sarana dan prasarana olahraga masih terbatas di beberapa madrasah. Dan mendapat penilaian sangat baik dengan rata- rata 3,48 dari hasil angket wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan 3,39 dari hasil angket guru PJOK. Pada aspek proses, guru telah mulai menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, asesmen diagnostik, serta memberikan ruang bagi siswa untuk bereksplorasi secara aktif dalam kegiatan fisik. Meskipun demikian, keterbatasan pelatihan dan kurangnya pemahaman menyeluruh terhadap substansi Kurikulum Merdeka masih menjadi tantangan. Dengan adanya keterbatasan tersebut, aspek proses memiliki rata- rata 3,36 dengan hasil sangat baik. Sedangkan pada aspek produk, implementasi Kurikulum Merdeka berdampak positif terhadap motivasi, keterlibatan, dan keberanian siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dengan hasil rata- rata 3,35 dan sangat baik. Secara keseluruhan, implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PJOK telah berjalan cukup baik namun belum optimal. Diperlukan peningkatan dukungan sarana, pelatihan berkelanjutan bagi guru, serta penguatan kolaborasi antar pemangku kebijakan agar pelaksanaan kurikulum ini dapat memberikan dampak yang lebih maksimal terhadap peningkatan mutu pembelajaran PJOK di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kurikulum Merdeka, PJOK, Model CIPP, Implementasi Pembelajaran. |
Subjects: | 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 765 Sports science 710 Education science > 766 Sports and other health education not yet listed |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Keguruan Olahraga |
Depositing User: | Puspita Anggraeni |
Last Modified: | 11 Aug 2025 17:17 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22366 |
Available Versions of this Item
-
EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) MTs NEGERI
SE- KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2025. (deposited UNSPECIFIED)
- EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) MTs NEGERI SE- KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2025. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |