PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN KEDIRI BAGI SISWA KELAS IV SDN SUMBEREJO 1

PERMATASARI, MEILINA (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN KEDIRI BAGI SISWA KELAS IV SDN SUMBEREJO 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060002.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060002_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (809kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (75kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060002_0710128902_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran konvensional di kelas yang membuat siswa merasa bosan dan tidak memahami materi. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif dan interaksi antara guru dan siswa menjadi pasif. Hasil belajar siswa pada ulangan harian materi ‘’Indonesiaku kaya budaya berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri’’ada 11 siswa mencapai tidak tuntas dan 2 siswa mencapai tuntas. Berdasarkan latar belakang tersebut munculah beberapa tujuan penelitian, yaitu(1) untuk mengetahui kevalidan dari multimedia interaktif berbasis i-spring pada materi ‘’Indonesiaku kaya budaya berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri’’untuk diterapkan kepada siswa-siswi sekolah dasar (2) untuk mengetahui kepraktisan penggunaan multimedia interaktif berbasis i-spring pada materi ‘’Indonesiaku kaya budaya berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri’’untuk guru dan siswa dalam pembelajaran (3) untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis i-spring pada materi’’Indonesiaku kaya budaya berbasis kearifan lokal Kabupaten Kediri’’untuk diterapkan pada siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN Sumberejo 1 dan SDN Karangrejo 1. Guru yang terlibat adalah guru kelas dan siswa yang terlibat terdapat 13 siswa dan 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada uji luas dilakukan pada SDN Karangrejo 1 berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada uji terbatas dilakukan pada SDN Sumberejo 1 berjumlah 13 siswa. Instrumen pengumpulan data pada uji luas dan uji terbatas berupa angket dan tes. Analisis data untuk menguji kevalidan menggunakan skala likert divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Analisis data untuk menguji kepraktisan siswa menggunakan skala guttman. Analisis data untuk menguji kepraktsan guru menggunakan skala likert. Analisis data untuk menguji keefektifan siswa menggunakan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini valid dengan rata-rata 84% untuk uji kevalidan media dan 84% untuk uji kevalidan materi. Pada uji kepraktisan dikatakan sangat praktis dengan rata-rata persentase 91% untuk uji coba terbatas dan rata-rata persentase 85% pada uji coba luas. Pada ketuntasan belajar klasikal siswa menggunakan soal post-test dengan skor persentase 100% untuk uji luas dan uji terbatas dikatakan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kearifan Lokal
Subjects: 710 Education science > 733 Population and environmental education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Meilina Permata sari
Last Modified: 11 Aug 2025 13:13
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item