Pratama, Arrizal Bayu (2025) KONTRIBUSI STATUS GIZI, KEBUGARAN JASMANI, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS 5 TINGKAT SEKOLAH DASAR DI GUGUS 3 KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK. Masters thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_85101_2301010007.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85101_2301010007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (125kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (45kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85101_2301010007_0709059001(1)_0709116101(2)_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Arrizal Bayu Pratama: kontribusi status gizi, kebugaran jasmani dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa SD kelas 5 di gugus kecamatan berbek kabupaten Nganjuk, 2025. Kata Kunci: . status gizi, kebugaran jasmani, motivasi belajar, prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa SD kelas 5 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan siswa kelas 5 di sekolah dasar yang ada di gugus 03, kecamatan Berbek, kabupaten Nganjuk, Saat peneliti Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru olahraga yang di lakukan oleh peneliti di 7 sekolah dasar yang ada gugus 3. Saat melakukan wawancara kepada guru PJOK yang ada di gugus 03 peneliti mendapat varian prestasi belajar peserta didik prestasi belajar peserta didik yang bermacam-macam yang terdominsi sangat rendahnya prestasi belajar peserta didik. Selain itu berdasarkan hasil pengamatan saat pembelajaran PJOK dan wawancara yang di lakukan peneliti kepada guru PJOK yang ada di gugus 03. peneliti menelihat masih adanya siswa yang tidak fokus/ sulit berkonsetrasi saat melaksanakan kegiatan pembelajaran PJOK, siswa masih banyak yang lemas dan kelelahan saat melakukan gerak dalam pembelajaran PJOK, masih adanya siswa tidak bersemangat dalam melakukan pemanasan dan siswa masih bermalas malasan ketika di suruh mengambil alat untuk kegiatan pembelajaran. Faktor faktor tersebut sangat berkaitan dengan status gizi, kebugaran jasmani dan motivasi belajar. maka dalam fokus kajian dalam penelitian ini yang di duga kuat berpengaruh terhadahap prestasi belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) mengetahui kontribusi status gizi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PJOK, (2) mengetahui kontribusi status gizi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PJOK, (3) mengetahui kontribusi status gizi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PJOK, (4) mengetahui kontribusi status gizi, kebuagaran jasmani dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif deskripsif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 5 di gugus kecamatan berbek kabupaten Nganjuk yang terdiri dari 7 SD, Teknik pengambilan sampelnya mengunakan purposif sample, yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan syarat – syarat tertentu dengan tujuan penelitian Instrumen dalam penelitian ini menggunkan tes status gizi, TKJI, angket skala likert dan meminta data nilai PJOK, untuk mengetahui kontribusi status gizi, kebugaran jasmani, motivasi belajar, prestasi belajar mata pelajaran PJOK. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif Kesimpulan hasil penelitian : (1) hanya kebugaran jasmani dan motivasi belajar yang terbukti berpengaruh secara signifikan. Nilai thitung untuk kebugaran jasmani adalah 28.145, dan untuk motivasi belajar sebesar 12.742, keduanya dengan nilai signifikansi di bawah 0.05. (2) semetara status gizi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap prestasi belajar Nilai thitung untuk kebugaran jasmani adalah -1.220 nilai signifikansi di atas 0.05. Berdasarkan simpulan hasil penilitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan agar guru dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PJOK
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | status gizi, kebugaran jasmani, motivasi belajar, prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa SD kelas 5 |
Subjects: | 710 Education science > 765 Sports science 710 Education science > 773 Physical education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Keguruan Olahraga |
Depositing User: | S.Pd Arrizal Bayu Pratama Sukardi |
Date Deposited: | 10 Aug 2025 11:18 |
Last Modified: | 10 Aug 2025 11:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |