Margareta, Claura (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBANTUAN QR-CODE MATERI SISTEM TATA SURYA SISWA KELAS VI SD NEGERI PLOSO KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060219.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060219_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (536kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (765kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (982kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (139kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060219_0725076201_0012076701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Ploso Kabupaten Kediri pada materi sistem tata surya serta minimnya penggunaan media pembelajaran, kurangnya motivasi guru, serta pengelolaan kelas yang belum maksimal. Hal ini berdampak pada rendahnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap materi sistem tata surya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah validitas media Flash Card berbantuan QR-Code pada materi sistem tata surya? (2) Bagaimanakah efektifitas media Flash Card berbantuan QR-Code pada materi sistem tata surya? (3) Bagaimanakah respon guru dan siswa terhadap media Flash Card berbantuan QR-Code pada materi sistem tata surya? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan validitas produk media Flash Card berbantuan QR-Code pada materi sistem tata surya siswa kelas VI SD Negeri Ploso Kabupaten Kediri. (2) untuk mendeskripsikan efektivitas produk media Flash Card berbantuan QR-Code pada materi sistem tata surya siswa kelas VI SD Negeri Ploso Kabupaten Kediri. (3) untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap produk media Flash Card berbantuan QR-Code pada materi sistem tata surya siswa kelas VI SD Negeri Ploso Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, sampai evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Ploso Kabupaten Kediri yang berjumlah 23. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi media, angket validasi materi, angket validasi perangkat pembelajaran, angket validasi soal evaluasi, angket respon guru dan siswa, serta tes untuk mengetahui nilai hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Media flash card berbantuan qr- code materi sistem tata surya dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan skor presentase 88%, ahli materi 87,5%, ahli perangkat pembelajaran 86,4% (2) Penggunaan media flash card berbantuan qr-code materi sistem tata surya ini dinyatakan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur melalui post-test dengan skor presentase 95% pada uji coba terbatas dan skor presentase 97% pada uji coba luas (3) Respon guru dan siswa dinyatakan sangat baik dengan skor presentase respon guru 92,5%, skor presentase respon siswa pada uji coba terbatas 97,6%, dan skor presentase 98,3% pada uji coba luas. Berdasarkan hasil tersebut, media flash card berbantuan qr-code materi sistem tata surya direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam materi sistem tata surya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, flash card, qr-code, sistem tata surya. |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Claura Margareta |
Last Modified: | 08 Aug 2025 13:17 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |