Pengembangan E-Tangram Pada Materi Komposisi dan Dekomposisi Untuk Menumbuhkan Numerasi Siswa Kelas IV SDN Dermo 2

Putri, Veni Pratiwi Ananda (2025) Pengembangan E-Tangram Pada Materi Komposisi dan Dekomposisi Untuk Menumbuhkan Numerasi Siswa Kelas IV SDN Dermo 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060179.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060179_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (478kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060179_0722039001_0721048402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket, berdasarkan dari hasil angket kebutuhan siswa yang telah disebarkan di SDN Dermo 2 khususnya pada kelas 4. Siswa di kelas 4 mayoritas masih mengalami kesulitan dalam menguraikan berbagai bentuk bangun datar, dan menyusun berbagai bangun datar menjadi suatu kesatuan saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, rendahnya partisipasi aktif siswa di kelas juga menjadi masalah utama dan kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Rumusan Permasalahan meliputi (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran E-Tangram pada materi Komposisi dan Dekomposisi bangun datar untuk menumbuhkan numerasi siswa kelas IV SDN Dermo 2? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran E-Tangram pada materi Komposisi dan Dekomposisi bangun datar untuk menumbuhkan numerasi siswa kelas IV SDN Dermo 2? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran E-Tangram pada materi Komposisi dan Dekomposisi bangun datar untuk menumbuhkan numerasi siswa kelas IV SDN Dermo 2? Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran E-Tangram pada materi Komposisi dan Dekomposisi bangun datar untuk menumbuhkan numerasi siswa kelas IV SDN Dermo 2 (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran E-Tangram pada materi Komposisi dan Dekomposisi bangun datar untuk menumbuhkan numerasi siswa kelas IV SDN Dermo 2 (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran E-Tangram pada materi Komposisi dan Dekomposisi bangun datar untuk menumbuhkan numerasi siswa kelas IV SDN Dermo 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Media E-Tangram dinyatakan sebagai media yang valid. Kevalidan media dapat dilihat dari hasil validasi media mendapatkan nilai sebesar 95%. Sedangkan validasi materi memperoleh nilai 90%. Dengan demikian media E-Tangram dapat dikatakan sangat valid. (2) Media E-Tangram dinyatakan praktis. Kepraktisan media dapat dilihat dari angket respon guru mendapatkan respon sebesar 94%. Dengan demikian media E-Tangram dapat dikatakan sangat praktis. (3). Keefektifan pengembangan media E-Tangram dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa pada uji luas dengan menggunakan uji N-Gain memperoleh skor presentase 0,75 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Tangram dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Tangram, komposisi dan dekomposisi, numerasi.
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VENI PRATIWI ANANDA PUTRI
Last Modified: 07 Aug 2025 18:43
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21003

Actions (login required)

View Item View Item