Arwin, Silvi Amakia (2025) PENGEMBANGAN FLIPBOOK INTERAKTIF PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN MLANCU 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060053.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060053__SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (798kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (45kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (171kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060053_0721048003_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook interaktif dilatar belakangi adanya pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi. Dalam proses pembelajaran guru hanya menjelakan materi lalu meminta siswa untuk membaca dan setelah itu mengerjakan soal yang ada pada buku. Sebagian besar sumber belajar siswa hanya buku paket yang ada disekolah. Banyak siswa yang akhirnya tidak paham dengan materi yang di bahas pada pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana kevalidan flipbook interaktif pada materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas IV SDN Mlancu 2? (2) bagaimana kepraktisan flipbook interaktif pada materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas IV SDN Mlancu 2? dan (3) bagaimana keefektifan flipbook interaktif pada materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas IV SDN Mlancu 2?. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) mengacu model ADDIE yang meliputi beberapa tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kuisioner, serta dari hasil pre-test dan post-test untuk mangatahui keefektifan. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas 4 SDN Mlancu 2 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik analisis data diperoleh dari hasil uji kevalidan, ahli uji kepraktisan guru dan peserta didik serta keefektifan. Hasil yang diperoleh bahwa flipbook interaktif materi hak dan kewajiban mendapatkan persentase kevalidan 91,1% dari ahli materi dengan kategori sangat valid, kemudian mendapatkan persentase dari ahli media 89,3% dengan kategori sangat valid, dan uji kepraktisan dari guru 92% pada respon uji luas siswa mendapatkan presentase 87,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan uji keefektifan produk yang dilakukan bahwa adanya peningkatan diatas KKM. Pada nilai pre-test dari hasil ketuntasan belajar klasikal siswa ada 6 anak yang tuntas dan 17 anak yang tidak tuntas, setelah dilakukannya perhitungan dari 6 anak yang tuntas pada pre-test memperoleh presentase sebesar 26%. Sedangkan pada post-test semua siswa dari 23 siswa seluruhnya berhasil mencapai nilai >75, sehingga tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 100%. Maka penggunaan flipbook interaktif dinyatakan efektif untuk materi hak dan kewajiban. Maka dapat disimpulkan bahwa flipbook interaktif dinyatakan valid, praktis, efektif dan bisa digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Silvi Amakia Arwin |
Last Modified: | 07 Aug 2025 14:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |