Prastowo, Bima Fajar (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM KELAS 5 SDN NGRONGGOT 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060123.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060123_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd Bab 1 + References)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (535kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (352kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (610kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060123_0721048003_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi, wawancara, dan angket yang dilakukan kepada guru dan peserta didik kelas V SDN Ngronggot 1. Diketahui bahwa dalam pembelajaran IPAS materi Harmoni dalam Ekosistem, guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana dari total 40 peserta didik pada dua rombongan belajar, hanya 9 peserta didik yang mencapai nilai di atas KKTP sebesar 75, sementara 31 peserta didik lainnya masih berada di bawah standar tersebut. Selain itu, keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran masih rendah. Berdasarkan angket, sebagian besar siswa menunjukkan minat terhadap media berbasis digital, namun media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran flipbook berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar pada materi harmoni dalam ekosistem kelas 5 SDN Ngronggot 1, (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran flipbook berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar pada materi harmoni dalam ekosistem kelas 5 SDN Ngronggot 1, (3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran flipbook berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar pada materi harmoni dalam ekosistem kelas 5 SDN Ngronggot 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik pada dua rombongan belajar kelas V SDN Ngronggot 1. Pada uji coba terbatas melibatkan 10 peserta didik, sedangkan pada uji coba luas melibatkan 30 peserta didik. Pada Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh skor dari angket validasi, angket kepraktisan, dan hasil tes pretest - posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media dinyatakan sangat valid dengan rata - rata kevalidan gabungan ahli media dan ahli materi sebesar 89%, (2) media sangat praktis dengan rata - rata kepraktisan gabungan guru dan peserta didik sebesar 90,25%, dan (3) media terbukti efektif, dengan nilai N-gain sebesar 0,721 pada uji coba terbatas dan 0,703 pada uji coba luas, yang termasuk dalam kategori tinggi, serta ketuntasan klasikal mencapai 100% pada kedua uji coba. Dengan demikian, media pembelajaran flipbook berbasis Canva dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis digital di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Flipbook, Canva, Hasil Belajar, Ekosistem |
Subjects: | 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 798 Education technology 710 Education science > 802 Curriculum and educational technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Bima Fajar Prastowo |
Last Modified: | 07 Aug 2025 14:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |