Andriani, Lusi (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 BAJULAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060094.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060094_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (750kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (659kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060094_0719109101_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dengan wawancara guru kelas IV serta hasil angket dari guru dan siswa kelas IV, bahwa dalam proses pembelajaran yang terjadi di ruang kelas terdapat permasalahan dalam hal penggunaan media pembelajaran. Dalam pembelajaran guru cenderung hanya menggunakan buku paket sebagai sarana dalam mengajar. Dampak dari masalah tersebut adalah sebagian besar siswa kurang memahami isi materi pembelajaran terutama pada materi keragaman budaya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangkan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada materi keragaman budaya di Indonesia untuk peserta didik kelas IV di SDN 1 Bajulan. Peneliti ini menggunakan metode Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara guru, angket respon guru, angket respon siswa, angket validator materi dan validator media, serta menggunakan Post-test dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Bajulan. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan produk pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android. Produk yang dikembangkan yaitu Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Untuk peserta didik Kelas IV SD Negeri 1 Bajulan. Media pembelajaran ini sudah divalidasi oleh validator ahli materi dan ahli media, hasilnya sudah memenuhi kriteria validitas. Berdasarkan validasi ahli materi memperoleh skor 96%, sedangkan validasi ahli media memperoleh skor 91%. Sehingga dari dua validasi ahli materi dan validasi ahli media termasuk dalam kriteria "Sangat Valid". Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh skor 94%, angket respon siswa uji coba terbatas memperoleh skor 91,66%, sehingga masuk dalam kriteria "Sangat Praktis" dan dapat dinyatakan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Android praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta praktis untuk diterapkan tanpa perbaikan. Hasil uji keefektifan nilai post-test siswa dengan ketuntasan belajar klasikal diperoleh 94,44% dari keseluruhan siswa mencapai nilai di atas KKM dengan 17 siswa berhasil memperoleh nilai tuntas. Ini menunjukkan bahwa media "Sangat Efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi keragaman budaya di Indonesia. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Keragaman Budaya Di Indonesia Untuk Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Bajulan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Keragaman Budaya di Indonesia. |
Subjects: | 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Lusi Andriani |
Last Modified: | 07 Aug 2025 15:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |