Diantama, Arnisha Hilmainda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SILA-SILA PANCASILA KELAS I SDN 1 TERTEK TAHUN 2025. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060201.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060201_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (768kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (531kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (978kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (258kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060201_0701128306_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan angket siswa. Diketahui bahwa pada pembelajaran materi sila-sila Pancasila di kelas I SDN 1 Tertek tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya nilai siswa sebanyak 37 dari 58 siswa memiliki nilai di bawah KKTP (75) kurikulum merdeka. Selain itu berdasarkan angket siswa diketahui sebanyak 47 dari 58 siswa lebih menyukai belajar sambil bermain, namun hal tersebut belum terlaksana pada saat pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan produk magic box yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas I SDN 1 Tertek. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Tertek sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validator ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan siswa, dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kevalidan yang diperoleh dari hasil validasi ahli media dan materi, kepraktisan diperoleh dari hasil angket skala likert guru dan angket skala guttman siswa, dan keefektifan diperoleh dari hasil pretest dan posttest melalui uji N-Gain. Hasil uji kevalidan produk diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media dimana memperoleh skor rata-rata 90,5% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan media dari hasil rata-rata angket kepraktisan guru dan siswa skala luas adalah 94,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan dari analisis soal pretest dan soal posttest untuk meningkatkan hasil belajar siswa dinyatakan tinggi dengan skor N-Gain sebesar 0,8578 dan dapat dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi media pembelajaran magic box ini dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sila-sila Pancasila.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Media Pembelajaran, Magic box |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city) 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Arnisha Hilmainda Diantama |
Last Modified: | 07 Aug 2025 09:32 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |