PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA PAPAN BERGAMBAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN PAGUNG 2

Duwiana, Lina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA PAPAN BERGAMBAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN PAGUNG 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060217.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060217_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060217_0730098803_0720088401_01_Font_Ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (407kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060217_0730098803_0720088401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060217_0730098803_0720088401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060217_0730098803_0720088401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060217__0730098803_0720088401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060217_0730098803_0720088401_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060217_0730098803_0720088401_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan penyebaran angket berdasarkan dari hasil angket kebutuhan siswa yang telah disebarkan di SDN Pagung 2 ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada topik sistem pernapasan manusia. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, konkret, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Media yang digunakan seadanya, sehingga siswa kurang termotivasi dan hasil belajar mereka cenderung rendah. karenakan Guru belum menggunakan media yang menarik. Akibatnya siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Rumusan Permasalahan meliputi (1) Bagaimana kevalidan media flash card pada pembelajaran IPAS dengan materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri Pagung 2? (2)Bagaimana keefektifan media Flash Card dalam pembelajaran IPAS pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri Pagung 2? (3) Bagaimana kepraktisan media Flash Card dalam pembelajaran IPAS pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri Pagung 2? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran flash card pada papan bergambar dapat meningkatkan pemahaman materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN Pagung 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Media pembelajaran flash card pada papan bergambar dinyatakan sebagai media yang valid. Kevalidan media dapat dilihat dari hasil validasi media mendapatkan nilai sebesar 93%. Sedangkan validasi materi memperoleh nilai 86%. Dengan demikian media pembelajaran flash card pada papan bergambar dapat dikatakan sangat valid. (2) Media pembelajaran flash card pada papan bergambar dinyatakan praktis. Kepraktisan media dapat dilihat dari angket respon guru mendapatkan respon sebesar 96%, sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh respon sebesar 96%. Dengan demikian media pembelajaran flash card pada papan bergambar dapat dikatakan sangat praktis. (3). Keefektifan pengembangan media pembelajaran flash card pada papan bergambar dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa pada uji luas memperoleh skor presentase 91% dinyatakan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pembelajaran flash card pada papan bergambar dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar untuk mengatasi permasalahan materi sistem pernapasan manusia siswa kelas V SDN Pagung 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: learning media, flash cards, human respiratory system.
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 810 Arts education science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Lina Duwiana
Last Modified: 07 Aug 2025 08:42
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20603

Actions (login required)

View Item View Item