PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN SUKOHARJO

Solikhah, Awalu Maratus (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN SUKOHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060150.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060150_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (283kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060150_0006096801_0702078502_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Sukoharjo. Permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi dan wawancara yaitu minimnya penggunaan media pembelajaraan dalam proses pembelajaran, serta guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga dari permasalahan tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Selain itu, banyak siswa mengalami penurunan nilai dalam pembelajaran. Hal tersebut dilihat dari data nilai ulangan harian siswa. Dari 26 siswa hanya 6 siswa yang memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang berlangsungnya proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat dikembangkan salah satunya yaitu media pembelajaran powtoon materi keberagaman budaya khususnya pada kearifan lokal daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran powtoon pada materi keberagaman budaya kelas IV SDN Sukoharjo. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) tipe development studies dengan uji formative evaluation menurut Tessmer. Dengan dua langkah yaitu Preliminary dan Prototyping. Dalam preliminary terdapat dua tahap yaitu analisis dan desain. Sedangkan dalam protyping terdapat lima tahap yaitu self evaluation, expert review, one to one, small group, field test. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas VI, siswa kelas V, dan 26 siswa kelas VI. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi, angket kepraktisan dan tes. Teknis analisis data dalam penelitian ini mencangkup persentase kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kevalidan diperoleh dari hasil penilaian validator ahli media sebesar 84% dan validator ahli media sebesar 92%, dari hasil kedua termasuk dalam kategori sangat valid; (2) Kepraktisan berdasarkan angket respon guru sebesar 90% dan angket respon siswa one-to-one sebesar 80%, siswa small group sebesar 82%, siswa field test sebesar 79%, semuanya termasuk dalam kategori sangat praktis; (3) Keefektifan diperoleh dari hasil post test tahap one-to-one 100% siswa mencapai ketuntasan belajar, post test tahap small group 83% siswa mencapai ketuntasan belajar, dan post test tahap field test 88% siswa mencapai ketuntasan belajar. Dari beberapa tahapan tersebut dapat dibuktikan bahwa media pembelajaran powtoon dapat dikatakan efektif. Simpulan dari penelitian ini media pembelajaran powtoon dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Powtoon, Kearifan Lokal, Keberagaman Budaya
Subjects: 580 Humaniora social science > 617 Population (demography, and other population sciences)
580 Humaniora social science > 618 History (history)
580 Humaniora social science > 619 Cultural studies
660 Art, design and media > 708 Visual communication design
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Awalu Maratus Solikhah
Last Modified: 07 Aug 2025 07:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20560

Actions (login required)

View Item View Item