Sislindia, Dicka Dea (2025) OPTIMALISASI PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA TENUN IKAT ATBM KODOK NGOREK 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_61201_2112010300.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010300_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (912kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (858kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (569kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (254kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010300_0706108902_0721088505_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagian besar penelitian sebelumnya tentang UMKM lebih menitikberatkan pada aspek produk, kualitas produksi, dan strategi pemasaran konvensional, sementara pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran modern masih kurang dikaji secara mendalam, khususnya pada UMKM berbasis budaya seperti Tenun Ikat di Kota Kediri. Padahal, media sosial memiliki potensi besar dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Namun, kenyataannya, pemanfaatan media sosial oleh pelaku usaha seperti Tenun Ikat ATBM Kodok Ngorek 2 masih terbatas dan belum optimal, baik dari segi platform yang digunakan maupun strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian ini hadir untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan mengeksplorasi secara lebih dalam bagaimana media sosial dapat dimanfaatkan secara strategis guna meningkatkan efektivitas pemasaran dan memperluas jangkauan pasar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi pelaku usaha serta memberikan rekomendasi strategi pemasaran digital yang relevan dan aplikatif untuk mengoptimalkan penjualan produk Tenun Ikat ATBM Kodok Ngorek 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini,yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan observasi,wawancara,dokumentasi dengan teknik purposive sampling dalam pemilihan informan. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan Tenun Ikat ATBM Kodok Ngorek 2 telah memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram dan WhatsApp, untuk memasarkan produk, namun strategi yang diterapkan masih kurang optimal. Konten yang diunggah cenderung monoton, dengan fokus pada foto produk dan proses produksi tanpa elemen visual yang kreatif. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan SDM, kurangnya pengetahuan digital, informasi produk yang belum lengkap, serta ketidakkonsistenan dalam interaksi dengan audiens. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk meningkatan kreativitas konten, memanfaatan video pendek (TikTok, Reels), mengikuti pelatihan digital,melakukan kolaborasi dengan influencer, menyajian informasi produk yang lengkap, dan ekspansi ke platform e-commerce. Dengan menerapkan strategi ini, Tenun Ikat ATBM Kodok Ngorek 2 dapat meningkatkan keterlibatan audiens, memperluas jangkauan pasar, dan membangun merek yang lebih kuat di era digital.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Optimalisasi, Media Sosial, Tenun Ikat, UMKM. |
Subjects: | 550 Economics > 571 Management 550 Economics > 574 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen |
Depositing User: | Dicka Dea Sislindia |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |