PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA DIGITAL LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 2 KUTOREJO

Patricia, Finna Deshinta (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA DIGITAL LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 2 KUTOREJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060211.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060211_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (69kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (873kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (696kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (637kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (554kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060211_0724077901_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil penelitian yang dilakukan di SDN 2 Kutorejo bahwa pembelajaran Matematika di SD masih menggunakan model konvensional. Akibatnya proses pembelajaran menjadi monotn dan membosankan. Hal ini membuat hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini yaitu (1)Bagaimana hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75 ? (2) Bagaimana hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih besar dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75 ? (3) Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Kutorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif desain Quasi exprimen dengan bentuk non-equivalent control group. Subyek penelitian ini peserta didik kelas III SDN 2 Kutorejo Kertosono. Instrument yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan test berupa soal pillihan ganda dan esai. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa pada matematika sebelum menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media digital Liveworksheet pada siswa kelas 3 < Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75. (2) Hasil belajar siswa pada matematika setelah menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media digital Liveworksheet pada siswa kelas 3 > Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media digital Liveworksheet pada siswa kelas 3 terhadap hasil belajar matematika. Dengan nilai rata-rata selisih 60.172 dan nilai signfikansi yang sangat kecil yaitu 0,000 < 0,05, data memberikan pegaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka peneilit menyarankan pendidikan memiliki kemampuan dan motivasi kemampuan dan motivasi saat menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, CTL, Liveworksheet, hasil belajar.
Subjects: 200 Animal science > 221 Sain veterinary
260 Medical science > 270 Medical science specialist
710 Education science > 731 Sociology education (social sciences)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Finna Deshinta Patricia
Last Modified: 06 Aug 2025 22:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20082

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item