PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGU

Pebrianti, Vitriya Asih (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGU. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010022.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010022_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_01_FRONT_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010022_0705096503_0713087101_07_lam.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan literasi numerasi dan tingkat motivasi belajar siswa dalam mencari solusi dari suatu permasalahan yang diberikan. Hasil ini didukung oleh data penilaian PISA tahun 2022 dan Rapor Pendidikan tahun 2023 yang menunjukkan lebih dari sebagian besar siswa tingkat SMP/MTs/sederajat mencapai kemampuan literasi numerasi di bawah standar minimum. Pembelajaran pada kelas yang masih bersifat monoton dan konvensional, menjadikan motivasi belajar siswa kurang optimal. Dengan demikian, dibutuhkan suatu model pembelajaran interaktif yang mampu mendukung proses belajar aktif dan kritis dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbasis TPACK dengan bantuan GeoGebra terhadap kemampuan literasi numerasi dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu menggunakan desain mixed design. Data hasil penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian berupa pretest, posttest, dan angket motivasi belajar yang telah tervalidasi untuk digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui nilai signifikansi uji kemampuan literasi numerasi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pembelajaran problem based learning berbasis TPACK dengan bantuan GeoGebra memiliki rata-rata peningkatan (N-Gain) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa melalui pembelajaran langsung. Hasil uji terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran problem based learning berbasis TPACK dengan bantuan GeoGebra lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkam bahwa penggunaan model problem based learning berbasis TPACK dengan bantuan GeoGebra berpengaruh terhadap kemampuan literasi numerasi dan mtivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, TPACK, Kemampuan Literasi Numerasi, Motivasi Belajar, Persamaan Garis Lurus
Subjects: 140 Plant science > 185 Agribusiness
200 Animal science > 219 Animal biotechnology
260 Medical science > 291 Neurological disease
340 Health sciences > 354 Science of nutrition
410 Engineering science > 430 Industrial engineering science
500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language)
550 Economics > 578 Secretariat
580 Humaniora social science > 610 Social sciences
630 Religion and philosophy > 641 Islam
660 Art, design and media > 681 Art creation
710 Education science > 772 Mathematics education
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: VITRIYA ASIH PEBRIANTI
Last Modified: 06 Aug 2025 17:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20038

Actions (login required)

View Item View Item